Adniadadimanamana Blog's

Use ur brain to make an Idea, Concept, and Solution. .

XPS Viewer, aplikasi bawaan windows, buat apa sih?

Pertama saya meng-install windows 7, saya agak heran dengan aplikasi XPS Viewer (haha..ketinggalan jaman yah^^) yahh..tak apalah, namanya juga belajar, jadi aja saya iseng-iseng googling sana sini buat nyari info apa sih XPS Viewer itu, n buat apa sih XPS Viewer itu..

So..lets cekidot. .

XPS adalah format dokumen yang dikembangkan dengan teknologi XML atau lebih tepatnya XAML. XPS tu singkatan dari XML Paper Specification, yaitu sebuah format dokumen baru yang pada bulan Juni 2009 telah diakui dan resmi menjadi Open Standard. Yang artinya, XPS menjadi standar umum dan diakui secara internasional, sehingga akan dapat digunakan oleh banyak pengembang aplikasi komputer dan juga pengguna-nya.

 

Anda tidak perlu membeli aplikasi khusus untuk dapat bekerja dengan XPS. Apabila Anda sudah memiliki aplikasi-aplikasi berikut, maka Anda sudah dapat bekerja dengan XPS:

- Microsoft Windows XP (yang sudah dilengkapi dengan Microsoft .NET Framework 3.0),

- Microsoft Windows Vista (Home Basic, Home Premium, Business, Ultimate Edition), dan

- Microsoft Office System 2007 

Dengan menggunakan menu PRINT pada aplikasi web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll), atau aplikasi lainnya serta menu SAVE AS pada Microsoft Office System 2007, Anda sudah bisa membuat sebuah dokumen dalam format XPS.

Microsoft XPS Document Writer yang terdapat pada sistem operasi Windows yang sudah saya sebut diatas menawarkan beberapa kemampuan yang dapat Anda gunakan terhadap dokumen XPS yang Anda buat, yaitu:

Permissions: Layaknya aplikasi Adobe Professional, Anda dapat dengan cuma-cuma memberikan ijin dan memilih siapa yang dapat melakukan perubahan dan menyimak dokumen XPS yang sudah Anda buat.

 
Signatures: Anda juga dapat menerapkan mekanisme Digitally Signature (Tanda Tangan Digital) pada dokumen yang sudah Anda buat.
 
Outline: Apabila dokumen XPS yang Anda buat memiliki resensi/outline maka penerima dokumen XPS dapat memilih untuk menyimak resensi dokumen XPS Anda saja.

 

Tapi, ada permasalahan adalah ketika membuka XPS Dokumen jika default browser anda bukanlah Internet Explorer karena browser lain seperti Firefox, Chrome, Safari ataupun Opera belum mendukung format XPS. Untuk informasi kalau XPS Viewer punya Microsoft dihosting oleh Internet Explorer, dan supaya anda bisa membuka XPS Dokumen IE harus menjadi default browser anda.

 

Mm..cukup dulu ahh ngeblognya, soalnya batasan materinya juga kan cuma ngejelasin aja,,hehe...Smile

Keep Ur Idea Bright.!

 

 

 

Comments

Twitter Trackbacks for XPS Viewer, aplikasi bawaan windows, buat apa sih? - Adniadadimanamana Blog's - Microsoft User Group Indonesia [mugi.or.id] on Topsy.com said:

Pingback from  Twitter Trackbacks for                 XPS Viewer, aplikasi bawaan windows, buat apa sih? - Adniadadimanamana Blog's - Microsoft User Group Indonesia         [mugi.or.id]        on Topsy.com

# May 20, 2010 2:48 AM