TS RemoteApp

RemoteAPP adalah fitur yang memungkinan User dapat menjalankan aplikasi pada Server dengan melalui Terminal services, TS RemoteApp seperti Citrix's Appilication publising, Fitur ini sangaat cocok di gunakan untuk men-deploy Applikasi yang tersentralisasi, TS RemoteApp juga dapat berjalan berdampingan denga aplikasi yang ada di User(local), Ketika user menjalankan aplikasi yang ada di terminal service aplikasi akan berjalan seperti kita menajalan seperti di komputer local, Jika user menggunakan lebih dari satu remoteapp maka akan menggunakan session yang sama, Untuk mengakses TS RemoteAPP ada beberapa cara

  1. Menggunakan Remote Desktop Protocol (.rdp), file ini dapat di buat dengan menggunakan TS RemoteApp Manager, setelah itu admin akan membagikan ke user yang membutuhkan.

  2. Menggunakan Windows Installer Package(.msi package), file ini juga di buat dengan menggunakan TS RemoteApp Manager yang selanjutnya amin membagikan ke user.

  3. Selain itu juga bisa melalui Web tepi sebelumnya anda harus menganktifkan role TS Web Access.

 

Client Requirenments

Untuk dapat mengakses aplikasi RemoteApp yang di deploy menggunakan .rdp file dan Windows Installer package, client harus setidaknya terinstall Remote Desktop Connection(RDC) 6.0 ata RDC 6.1 yang sudah ada dalan Windows 2008 dan Windows vista. Untuk mendownload RDC 6.0 untuk windows server 2003 dengan Service Pack 1(SP1), windows server 2003 Service Pack 2 (SP2), atau windows XP dengan Service Pack 2 (SP2)  dapat di download dari link berikut http://support.microsoft.com/default.aspx/kb/925876.

Untuk dapat mengakses aplikasi RemoteApp langsung dengan menggunakan TS Web Access komputer client harus terinstall RDC 6.1, RDC 6.1 sudah ada di

  • Windows server 2008
  • Windows Vista with Service Pack 1 (SP1)
  • Windows XP with Service Pack 1 (SP3)

Untuk anda pengguna windows xp SP2 dan belum update ke service pack SP3 dapat mendownload dari link berikut  http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyId=6E1EC93D-BDBD-4983-92F7-479E088570AD&displaylang=en

 

Di saat seperti apa TS RemoteApp akan sangat berguna?

  1. Ketika perusahaan mengijinkan user untuk mengakses aplikasi dari berbeda-beda lokasi, misal perusahaan A yang berpusat di Jakarta mempunyai berbagai cabang di berbagai tempat seperti Surabaya, Bandung, dan Jogjakarta dan mempunyai koneksi VPN dan setiap beberapa bulan sekali perusahaan mengadakan audit manajemen, nah seseorang auditor harus membuka aplikasi yang sama dan untuk aplikasi yang di pakai tidak boleh di install di sembarang komputer demi kerahasiaan datanya. Ketika di hotel sang auditor juga masih ingin membuka aplikasi tersebut untuk segera menyelesaikan pekerjaanya, otomatis auditor juga harus bisa menjalankan aplikasinya, karena di hotel tidak ada VPN dan hanya bisa internet maka sang admin di kantor pusat Jakarta sudah menyiapkan sekenario tersebut dengan menginstall TS Gateway (akan di jelaskan lebih lanjut di artikel selanjutnya) dengan menggunakan TS Gateway koneksi ke terminal server akan di enkripsi dan ini akan membuat koneksi ke terminal server jauh lebih aman meskipun melalui internet.
  2. Ketika perusahaan ingin melakukan upgrade aplikasi yang membutuhkan resource hardware yang lebih tinggi, kemungkinan juga program tersebut akan selalu di update beberapa bulan sekali, selain di cabang tidak ada dukungan IT yang cukup dan  komputer-komputer yang tidak cukup resource. Perusahaan tidak ingin melakukan upgrade resource hardware dan menambahkan beberapa beberapa helpdesk di kantor cabang, karena itu membutuhkan dana yg sangat besar dan perusahaan ingin segera user-user di cabang dapat memakai aplikasi yang baru tersebut dengan memanfaatkan resource yang ada maka dengan menggunakan TS RemoteApp perushaan dapat mensentralisasi manajemen, aplikasi dan menghemat pengeluaran.
  3. Ketika perusahaan membutuhkan aplikasi LOB (line of business) pada seluruh komputer, kenyataanya sering kali di sebuah perusahaan  komputer-komputer yang terinstall windows banyak mempunyai versi yang berbeda-beda, dari pada harus menginstall dan men-setting di setiap komputer lebih baik menginstall aplikasi LOB di di terminal server dan dapat di akses user melalui TS RemotaApp.
Published Tuesday, January 13, 2009 9:15 AM by Andik susilo
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems