Windows Easy Transfer 2

Jika di artikel saya terdahulu saya menjelaskan apa itu Windows Easy Transfer pada artikel ini saya akan mencoba untuk melakukan transfer Seting dan file. Kasus ini saya ambil ketika saya ingin melakukan transfer setting dan file dari Windwos Vista ke Windows 7. Pada Windows Vista saya mempunyai beberapa setingan-setingan yang saya tidak mau kalau harus seting secara satu persatu lagi karena pasti akan memakan banyak waktu dan membosankan.

Pada artikel ini saya berada di komputer dengan Windows Vista. Untuk menjalankan Windows Easy Transfer pada Windows Vista dari StartAll ProgramsAccesoriesSystem Tools pilih Windows Easy Transfer atau juga bisa dari Instant Search ketikan Windows Easy Transfer.

1 2

Muncul halaman Wolcome to Windows Easy Transfer langsung aja klik next kemudian pilih Start a new transfer untuk memulainya.

3 

Selanjutnya di tanyakan Which computer are you using now? maksudnya komputer yang sedang kita pakai apakah komputer lama atau komputer baru?

Yang Di maksud komputer baru (My new computer) komputer tujuan atau komputer yang akan menerima setingan dan file.

Dan yang di maksud  komputer lama (My old computer) yaitu  komputer yang mau di transfer seting dan filenya

Karena ingin seting dan file pada Windows Vista di transfer ke Windows 7 maka pilih My old computer.

 

 

 

 

4

 

Selanjutnya muncul pilihan media apa yang akan kita gunakan untuk melakukan transfer Choose how to transfer files nad settings to your new computer.  Ada 3 Pilihan di sini :

1. Use an Easy transfer Cable adalah untuk melakukan transfer seting dan file dengan mengunakan kabel, kabelnya sendiri mirip dengan kabel USB, tetapi bukan sembarang kabel USB, merupakan sebuah kabel USB yang telah di rancang untuk dapat di gunakan untuk Windows Easy Transfer. Bentuk fisik kabel ini seperti gambar di saping mempunyai konekstor USB pada setiap ujungnya dan di tengahnya ada semacam chip. Terus terang saya sendiri juga belum pernah liat secara langsung kabel tersebut. Hal di atas tentu harus di lakukan di 2 komputer yang berbeda.

2. Tranfer directly, using a network connection adalah untuk malakukan transfer data menggunakan media network atau jaringan. hal ini di lakukan jika pada 2 komputer yang berbeda dalam satu jaringan.

3. Use a CD, DVD, or other removable media adalah untuk melakukan transfer data menggunakan media CD, DVD atau removable media salah satu contohnya flash disk. Pilihan paling flexible jika tidak mempunyai kabel Easy Transfer dan tidak ada jeringan (standalone komputer). Dengan pilihan ini Windows Easy Transfer akan membuatkan sebuah file dengan ekstebsi .MIG

9

Ada yang sangat menarik di sini file .MIG akan secara otomatis di potong setial file mencapai sekitaran 600 MB dan menciptakan file .MIG yang baru seperti terlihat gambar di atas. Munkin hal ini di lakukan Windows Easy tranfer agar file dapat di copy ke dalam media CD yang notabenya media CD hanya bisa menampung sekitar 600 – 700 MB.

Karena saya ingin malukan transfer pada komputer standalone (upgrade dari Windows vista ke windows 7 pada komputer yang sama) saya memilih pilihan Use a CD, DVD, or other removable media.

5

 

Selanjutnya muncul Plugin an empty USB flash disk, waluapun di anjurkan mengguakan USB flash disk yang kosong. Bisa juga menggunakan USB flash disk yang sudah ada isinya tetapi dengan free space yang mencukupi.

Jangan kawatir Windows Easy transfer akan menghapus data anda, Windows Easy transfer tidak akan memformat atau menghapus file yang sudah ada. Waktu itu, Ketika Windows Easy Transfer mulai mengopikan seting dan file (.MIG) USB yang saya penuh dan muncul peringatan, selajutnya saya membuka Windiws Explorer dan menghapus sebagian file di USB flash disk kemudia kembali lagi ke Windows Easy Tarnsfe untuk melajutkan proses peng-copyan.

Pada Halaman ini Windows secara otomatis mendeteksi drive USB flash disk. Dan selanjutnya di minta untuk memasukan password. Password di sini fungsinya sangat penting untuk melindungi data dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. mengingat data akan kita transfer adalah file-file pribadi salah satunya account email.

Kemudian klik next.

10 6

Muncul halaman untuk memilih seting dan file siapa dan apa saja yang akan kita tansfer.

  1. All user account, files and settings mengcopy semua seting dan file semua user .
  2. My user account, file and settings only mengkopy hanya user yang aktif (sedang kita pakai sekarang)
  3. Advance option dengan pilihan ini kita bisa memilah-milah seting, file dan user mana saja yang akan kita copy. Keblebihan Windows Easy transfer ini jika pada komputer tujuan belum ada user account yang akan kita transfer Windows Easy Transfer akan secara otomatis menciptakan user sesuai dengan komputer sumber.

Jika sudah selesai memilah-milah selanjutnya klik next

78

Windows Easy transfer mulai meng-copy seting dan file. Mungkin ada yang janggal jika melihat gambar di atas katanya tadi menggunakan media USB flash disk kenapa kok Displaynya Creating Disk? benar, sepertinya notification pada Windows Easy Transfer disamakan baik kita menggunakan media Disk atau USB flash disk. dan di sebenernya tidak ada masalah toh sama2 di simpan dengan format file .MIG. Jika proses telah selesai bisa langsung di close.

Sampai di sini proses pada komputer sumber (old computer) telah selesai selanjutnya kita akan melanjutkan pada komputer baru (new computer yaitu windows 7) yang akan menerima seting dan file dari Windows Vista. bersambung ke Windows Easy Transfer 3.

Published Thursday, May 7, 2009 2:59 PM by Andik susilo

Comments

# Windows Easy Transfer 3

Friday, May 8, 2009 9:53 AM by andik susilo

Atikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya Windows Easy Transfer 2 klo pada artikel sebelumnya

# Windows Easy Transfer 3

Friday, May 8, 2009 9:59 AM by andik susilo Blog's

Atikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya Windows Easy Transfer 2 klo pada artikel sebelumnya

# Upgrade Windows 7 RC to Windows 7 RTM

Friday, August 7, 2009 7:26 AM by andik susilo

Seperti pemeberitahuan dari microsoft bahwa untuk melakukan upgrade Windows 7 RC ke Windows 7 RTM harus

# Upgrade Windows 7 RC to Windows 7 RTM

Friday, August 7, 2009 7:32 AM by andik susilo Blog's

Seperti pemeberitahuan dari microsoft bahwa untuk melakukan upgrade Windows 7 RC ke Windows 7 RTM harus

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems