Bagaimana menjadi MVP?

MVPLogoPenghargaan MVP (Most valuable Profesional) dimulai sejak awal tahun 1990an. Penghargaan MVP ini diberikan kepada individu yang rela membagikan waktu dan ilmunya khususnya mengenai teknologi Microsoft untuk membantu pengguna lain baik pada komunitas online dengan melalui media mailing list, forum, blog, ebook, gratis atau melalui acara komunitas seperti seminar atau training.

Penghargaan MVP ini bukan sesuatu yang bisa di pelajari atau didapatkan melalui ujian sertifikasi. Penghargaan ini di berikan hanya kepada mereka yang layak. Seorang MVP bisa di calonkan oleh Microsoft Support Engineer, Team Manager atau juga MVP yang lain, calon MVP paling tidak aktif baik pada komunitas online dan kegiatan offline selama beberapa tahun, mereka juga membantu anggota komunitas yang lain, memberikan jawaban yang yang dapat membantu anggota komunitas yang lain.

Saya sendiri sebagai penerima penghargaan MVP Windows Desktop Experience, mulai aktif di berbagai komunitas online dan kegiatan offline sejak beberapa tahun yang lalu. Saya aktif di beberapa mailing list seperti MUGI (http://mugi.or.id, WSS-ID (http://wss-id.org), dan Jasakom Forum.

Selain anggota milis saya juga merupakan founder MUGI Bandung, MUGI Bandung selain aktif pada komunita online, juga sering mengadakan seminar-seminar ke kampus-kampus khususnya di sekitar Kota Bandung, hampir tiap bulan komunitas MUGI Bandung mempunyai agenda untuk road show ke kampus-kampus.

Seorang MVP biasanya juga aktif sebagai pembicara atau pemateri pada seminar-seminar tersebut. Karena saya sebagai seorang MVP Windows Desktop Experience, materi yang saya bawakan juga sesuai dengan program MVP saya, yaitu yang berkaitan sistem operasi desktop seperti Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 selain itu saya juga menguasai Windows Server. Setiap MVP memiliki kategori sendiri sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Selain aktif di maling list dan sebagai pembicara saya juga aktif blogging, anda dapat mengunjungi blog saya di sini http://mugi.or.id/blogs/andiksusilo/ dan sekali-kali saya juga membuat eBook yang bisa diunduh secara gratis . Salah satu ebook saya mengulas tentang Parental Control pada Windows 7 yang dapat Anda unduh gratis di http://mugi.or.id/media/p/2575.aspx.

Menjadi seorang MVP juga mempunyai banyak keuntungan seperti, update teknologi Microsoft yang terbaru dan reource yang yang sangat melimpah, undangan live meeting dengan para product manager atau tim teknisdari Microsoft langsung bersama MVP yang lain di seluruh dunia, mendapatkan training-training gratis dari Microsoft, MSDN Premium dan Technet dimana kita dapat mendapatkan license hampir semua aplikasi microsoft secara gratis. Di samping itu keuntungan menjadi MVP juga berpengaruh ketika anda melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Seperti saya sampaikan di atas seorang MVP biasanya juga sering menjadi seorang pembicara, dengan sering kita berbicara ke kampus-kampus hal itu secara tidak langsung akan membangun image kita, pengalaman saya setalah menjadi pembicara di kampus-kampus saya sering mendapat tawaran untuk menjadi pembicara di tempat-tempat lain dan menulis artikel di beberapa koran dan majalah selain itu juga menulis buku.

Mengutip pernyataan Narenda Wicaksono, Technical Advisor dari Microsoft Indonesia: “Semangat untuk berbagi memang bukan merupakan kesenangan setiap individu, namun bangsa ini butuh individu yang memiliki semangat untuk itu”. Saya yakin MVP adalah salah satu program yang membuktikan bahwa Microsoft peduli akan individu seperti saya. Saya sendiri merasakan implikasi dari penghargaan ini bagi karir saya didunia IT.

 

"Diambil dari PCplus edisi 358"

Published Wednesday, April 28, 2010 10:02 AM by Andik susilo
Filed under: ,

Comments

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, April 28, 2010 10:49 AM by sony

kembali ke jalan yang benar tepat-nya gak lagi jd hacker wkkk..

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, April 28, 2010 11:34 AM by Andik susilo

pak sony: :P  heheheheh no comment dah :D

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, April 28, 2010 11:46 AM by Tutang

Yes

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, April 28, 2010 12:26 PM by Andik susilo

pak tutang: di minta orang pc plus hehehe

# Twitter Trackbacks for Bagaimana menjadi MVP? - andik susilo [mugi.or.id] on Topsy.com

Pingback from  Twitter Trackbacks for                 Bagaimana menjadi MVP? - andik susilo         [mugi.or.id]        on Topsy.com

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, April 28, 2010 11:08 PM by Chazali Husni

Hmm....ni dia yg saya tunggu2 mas...

pgn jadi MVP

thanks bwt share nya mas..

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Thursday, April 29, 2010 5:09 PM by almushthafa

Makasih mas buat infonya!

http://almushthafa.com

# Andik Susilo dan MVP

Wednesday, September 15, 2010 2:18 PM by Narenda Wicaksono

Pen ghargaan MVP (Most valuable Profesional) dimulai sejak awal tahun 1990an. Penghargaan MVP ini diberikan

# Andik Susilo dan MVP

Tuesday, September 21, 2010 9:35 AM by Narenda Wicaksono

Penghargaan MVP (Most Valuable Profesional) dimulai sejak awal tahun 1990an. Penghargaan MVP ini diberikan

# re: Bagaimana menjadi MVP?

Wednesday, January 11, 2012 8:46 PM by Riyan Kurniawan

wow ,sekses ya buat blog nya... and thank buat Info nya !

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems