Watermarks file PDF dengan Office 2010

Dokumen digital merupakan solusi dokumen masa depan, didalam dunia kerja dokumen digital sudah mulai populer sejak beberapa waktu yang lalu. Banyak kantor-kantor besar yang sudah mulai mengaplikasikan dokumen digital pada perusahaan mereka. Di Indonesia sendiri juga sudah mulai bermunculan perusahan-perusahaan jasa yang menawarkan produk untuk mengkonversi Dokumen dari dokumen konvensional ke dokumen digital.

Berikut beberapa keuntungan yang di dapat dengan mengaplikasikan dokumen digital :

  1. Efisien dan tidak memakan tempat, karena dimana biasanya dengan dokumen konvesioanal akan memakan banyak tempat. Dokumen digital akan di disimpan pada sebuah media penyimpanan digital, yang mana dengan kapasitas media penyimpanan 100 GB anda bisa menyimpan 2 jutaan lembar, bahkan bisa lebih tergantung format file dan resolusi yang di gunakan.
  2. Dengan menggunakan dokumen digital juga akan memudahkan anda dalam hal pendistribusian dokumen, anda bisa mendistribusikan dokumen digital melalui CD, media penyimpnan jinjing (USB Flash Disk, Hardisk eksternal), email dan lain-lain.
  3. Dokumen Digital juga bisa menjadi sebuah solusi backup, dimana jika dokumen konvesioan rusak yang di karenakan bencana alam, kehilang yang tidak di sengaja dan yang lain.
  4. Penerapan dokumen digital juga mendukung kampenye Go Green, dimana tidak semua dokumen harus di cetak, jadi menghemat penggunaan kertas.
  5. Dengan menggunakan dokumn digital juga akan memudahkan anda untuk mencarinya, anda tidak perlu masuk gudang dokumen dan membuka-buka tumpukan kertas.

Ketika dokumen digital telah di aplikasikan, muncul pertanyaan bagaimana kita harus memproteksi dan memonitor dokumen tersebut? yang mana penggunanaan dokumen digital akan memudahkan pendistribusian dokumen tersebut, yang mungkin saja di gunakan oleh orang lain untuk hal-hal yang tidak di inginkan. Solusi dari permasalahan diatas yaitu salah satunya dengan menggunakan Watermarking (tanda air). Watermarking sendiri mempunyai banyak teknik, ada teknik watermarking yang dapat di lihat dengan mata telanjang dan ada juga yang tidak.

Pada artikel kali ini saya hanya akan membahas Watermarking yang sifatnya kasat mata, yang mana fungsi watermarking ini justru sebagai penanda untuk memberikan informasi yang jelas terhadap dokumen tersebut dan untuk melindungi dokumen dari pembajakan. Yang mana watermarking ini sering di pakai pada perusahaan-perusahaan. Pada contoh ini saya menggunakan Microsoft Office 2010.

1. Untuk menambahkan watermarking pada dokumen, buka Microsoft office kemudian klik tab Page Layout kemudian clik pada icon Watermark.

image

2. Di sini juga sudah di sediakan beberap tempallate, untuk menggunakan template yang ada anda bisa mengklik salah satu template contoh Confidential.

image

3. Namun jika anda ingin melakukan kustomisasi pada tab Page Layout klik watermark kemdudian pilih Custom Watermark….

image

4. Jika anda ingin mengganti tulisan Confidential dengan yang lain, pilih salah satu combo text kemudian langsung ketikan keterangan yang baru, dan untuk merubah warna anda bisa memilihnya pada tab Color. Memang tidak terlalu banyak opsi yang bisa di lakukan pada menu watermark ini, seperti penempatan watermark yang hanya bisa di tempatkan pada bagian tengah dokumen.

image

5. Hasil customisasi yang telah di lakukan.

image

6. Selain dengan tulisan anda juga bia menggunakan gambar sebagai Watermaking, untuk menggunakan gambar, pilih Picture watermark kemudian klik tombol Picture lalu pilih gambar yang di inginkan lalu klik tombol Insert.

image

7. Berikut hasil dari Wartermark dengan gambar, jika dirasa gambar terlalu jelas dan anda ingin membuat lebih sama-samar anda bisa mencentang beri centang opsi Washout agar kelihatan lebih samar-samar.

image

8. Untuk menyimpan dokumen tersebut dengan file PDF klik menu File – Save as kemudian pada Save As type pilih PDF kemudian klik Tombol Save. Microsoft Office 2010 sudah di lengkapi kemampuan untuk melakukan penyimpanan file ke PDF jika anda masih menggunakan Microsoft Office 2003 atau 2007 anda harus mengintall sebuah plugin terlebih dahulu.

image

9. Hasil Dokumen pdf yang di buat dengan menggunakan Microsoft Office 2010 dengan Watermarking.

image

Di ambil dari Tabloid PC Plus Edisi 372

Published Thursday, December 9, 2010 8:43 PM by Andik susilo
Filed under: ,

Comments

# re: Watermarks file PDF dengan Office 2010

Thursday, December 9, 2010 11:37 PM by Dian Mayasari

boleh neh dicuba...

# re: Watermarks file PDF dengan Office 2010

Sunday, December 12, 2010 9:00 AM by Andik susilo

dian: monggo :)

# Watermarks File PDF Dengan Office 2010 | ILMU TI dot COM

Sunday, December 11, 2011 10:49 PM by Watermarks File PDF Dengan Office 2010 | ILMU TI dot COM

Pingback from  Watermarks File PDF Dengan Office 2010 | ILMU TI dot COM

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems