Windows 7 Trubleshooting

Sound pada komputermu tidak bersuara, kamu tidak bisa terkoneksi kejaringan dan internet, komputer terasa sangat lambat, aplikasi yang biasa kamu gunakan tidak berjalan dengan semestinya, layar pada monitor keliatan buram atau terlalu terang, printermu tidak dapat mencetak dan webcam yang kamu beli tidak berjalan dengan baik. Apa yang akan kamu lakukan untuk menyelesaikan permasalahn di atas? Membawa ke tempat service komputer, teman yang lebih mengerti komputer atau malah menginstall ulang Windowsnya?

Windows 7 di lengkapi sebuah tools yang beguna sebagai pertolongan pertama sebelum kamu meminta pertolongan kepada orang lain untuk mendiagnosa masalah-masalah yang terjadi sekaligus memberikan perbaikan pada komputermu, jika aplikasi tersebut tidak bisa melakukan perbaikan maka aplikasi tersebut akan memberikan petunjuk yang bisa dilakukan selanjutnya, aplikasi tersebut bernama Windows 7 Troubleshooting.

Windows 7 Troubleshooting di rancang untuk menyelesaikan permasalahan dengan cepat, tetapi ingat! tidak semua permasalahan dapat di selesaikan oleh aplikasi ini. Aplikasi ini dapat menghemat waktumu untuk menyelesaikan permasahaln sebelum kamu membawanya ke tukang service. Troubleshooting ini terdapat pada Control Panel – System and Security - Action Center. Seperti terlihat pada gambar di bawah, jika terjadi sesuatu yang mencurigakan akan muncul report pada Action Center.

clip_image002

Sebagai contoh penulis ingin menjalankan aplikasi dengan versi windows sebelumnya yaitu Windows XP SP2.

1. Buka Control Panel - System and Security - Action Center kemudian klik pada Icon Troubleshooting.

clip_image003

2. Muncul jendela Troubleshooting kemudian pada menu programs pilih Run program made for previous version of Windows.

clip_image005

3. Muncul jendela Troubleshoot and help prevent computer problems langsung klik tombol Next.

4. Muncul jendela Select the programs you’re having problems with, di sini kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin di jalankan, pilih salah satu kemudian klik tombol Next.

clip_image007

5. Muncul jendela Select troubleshooting option pilih Troubleshoot program.

6. Muncul jendela What probles do you notice? Pilih opsi The program worked in earlier version of windows but won’t install or run now kemudian klik tombol Next.

clip_image009

7. Muncul jendela Wich version of windows did this program work on before? Missal aplikasi tersebut jalan baik pada Windows XP SP2, maka pilih opsi Windows XP (Service Pack 2) kemudian klik tombol Next.

clip_image010

8. Muncul jendela Test compatibility settings for the program klik tombol Start the program untuk mencoba menjalankan aplikasi tersebut dengan kompatibilitas Windows XP SP2 kemudian klik tombol next. Oke, aplikasi dapat di jalankan.

clip_image012

9. Muncul jendela Troubleshooting has completed. Is the problem fixed? Jika aplikasi sudah berjalan dengan baik kamu bisa menyimpan pengaturan tersebut dengan memilih opsi Yes, save these settings for this program.

clip_image014

Ketika menjalankan aplikasi pemutar lagu (ex: Winamp) Winamp semua berjalan normal begitu juga dengan lagu yang di putar tetapi suara tidak terdengar, padahal semua jek untuk audio sudah terpsang dengan benar… bingun tidak kepalang. Setelah mencari kesana-kemari penyebabnya sangat sepele yaitu volume untuk suara yang ter-mute L.

Sebagai percobaan, penulis sengaja mematikan(mute) volume pada sound komputer. Selanjutnya penulis menjalankan Troubleshooting untuk mendiagnosa dan menghidupkan kembali sound tersebut.

clip_image015

1. Pada jendela Troubleshooting pilih opsi Troubleshoot audio playback.

clip_image016

2. Muncul jendela Troubleshoot and help prevent computer problem langsung klik tombol Next.

3. Secara otomatis aplikasi apliaksi Troubleshooting akan mendeteksi permasalahan.

clip_image017

4. Sepeti terlihat pada gambar di bawah, permasalahan di temukan yaitu pada Audio device dalam posisi mute.

clip_image018

Dan secara otomatis Troubleshooting akan menghidupkannya kembali.

clip_image019

 

Di ambil dari Tabloid PC Plus Edisi 373

Published Thursday, December 9, 2010 8:58 PM by Andik susilo
Filed under: ,
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems