Membuat Home Media server sendiri dengan Windows 7

Hiburan telah menjadi kebutuhan hidup bagi setiap orang, setelah lelah seharian beraktifitas mereka butuh sebuah hiburan yang paling tidak dapat membuat mereka menjadi lebih releks. Salah satu hiburan tersebut adalah dengan mendengarkan musik atau menonton film. Ketika di dalam sebuah keluarga atau rumah mempunyai beberapa komputer dan game console mungkin perlu untuk menempatkan file-file seperti musik, gambar dan film pada salah satu tempat agar lebih mudah untuk di akses.

Tempat itu di sebut juga dengan Home Media server, Home Media Server sendiri bisa berwujud sebuah device atau juga sebuah komputer yang di jadikan sebuah Home Media server. Di Indonesia sendiri device Home Media server masih sangat jarang untuk di jumpai, hal itu mungkin di sebabkan oleh kurang populernya device tersebut atau juga toko yang menjual masih sangat jarang. Biasanya device Home media server di jual tanpa di sertai dengan hardisk, karena itu harga menjadi alasan berikutnya orang enggan untuk membeli dan lebih memilih menggunakan komputer sebagai Home media Server.

Salah satu fitur yang sangat menarik pada Window 7 adalah kemampuan untuk melakukan streaming media digital antar komputer. Kamu bisa melakukan streaming baik video, musik, gambar atau media digital lainnya. Streaming ini tidak hanya bisa di akses dari komputer saja tetapi juga dapat di akses dari sebuah game console seterti Playsation dan XBOX. Jadi kalau dengan menggunakan komputer biasa saja bisa membuat Home Media Server sendiri kenapa harus membeli device lagi?

Untuk dapat melakukan streaming video, music atau gambar pada windows 7 kita perlu menjalankan Windows Media player. Kebetulan versi Windows Media Player yang penulis pakai pada artikel ini adalah versi 12 yang merupakan bawaan dari Windows 7. Selanjutnya untuk melakuakn streaming ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Windows Media Player, Start – All Programs – Windows Media Player.

2. Kemudain untuk mengkatifkan Streaming, klik pada icon Stream kemudian pilih Turn on media streaming with HomeGroup….

HomeGroup adalah sebuah pengaturan jaringan yang di peruntukan bagi pengguna komputer rumahan. Jika pada pengaturan jaringan umumnya menggunakan user untuk melakukan autentikasi tetapi pada HomeGroup ini menggunakan sebuah password, jadi untuk dapat tergabung pada HumeGorup kamu harus mengetahui passwordnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui jaringan HomeGroup lebih lanjut kamu bisa kunjungi link berikut http://windows.microsoft.com/en-US/windows7/products/features/homegroup

clip_image002

3. Kemudian klik pada What is a network location?

Syarat utama jaringan HomeGroup adalah network location harus Home Network.

clip_image004

4. Kemudian klik Home Network.

clip_image005

5. Kemudian klik pada Icon Stream pilih opsi Allow remote of my player… dan Automatically allow device to play media…

clip_image007

6. Muncul jendela Allow remote control pilih allow remote contrel in this network.

clip_image008

7. Selanjutnya kamu dapat berpindah ke komputer yang lain untuk mengecek apakah sharing telah berhasil.

8. Buka Windows Media Player pada komputer yang lain.

9. Perhatikan di bawah Other Libraries telah terdapat Library baru yaitu Andec, yang merupakan library hasil sharing dari komputer Server.

clip_image010

10. Selanjutnya kamu bisa masuk ke folder Videos atau musik dan mencoba menjalankan salah satu filenya.

clip_image012

clip_image014

11. Kamu juga dapat menjalankan remote video streaming dari komputer server ke komputer yang lain. Tetapi sebelumnya kamu harus mengaktifkan opsi Allow remote of my player.. pada komputer tujuan.

Klik kanan pada salah satu Video kemudian piliha Play to lalu piliha LAB.

clip_image016

12. Muncul jendela seperti pada gambar di bawah.

Di sini kamu bisa mengatur Volume, kontrol Pause dan Start, mempercepat atau memperlambat video yang terdapat pada komputer tujuan.

clip_image017

13. Pada komputer tujuan video akan berjalan.

Cat: Sebelumnya pada komputer tujuan apliksi Windows Media player telah berjalan terlebih dahulu.

clip_image019

 

Di ambil dari Tabloid PC Plus Edisi 377

Published Monday, February 21, 2011 9:45 AM by Andik susilo
Filed under: ,

Comments

# re: Membuat Home Media server sendiri dengan Windows 7

Monday, February 21, 2011 3:29 PM by Simon Pakpahan

mantap bung andik... :)

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems