Office Technician

just another office technician weblog

Manajemen Data pada Excel 2007 - Menggabungkan Beberapa Tabel Data Sejenis dengan Consolidate

Adakalanya laporan yang dibuat dalam Excel terbagi menjadi beberapa tabel yang terpisah. Contohnya seperti tabel data berikut ini.

image

Tabel tersebut menjelaskan tentang laporan jumlah barang terjual dari beberapa dealer, dimana penjualan barang tersebut dilakukan oleh 4 orang sales. Tipe barang yang terjual dari setiap dealer tidak selalu sama, demikian juga dengan salesnya. Masalah yang mungkin terjadi untuk tabel seperti ini adalah: Bagaimana jika pihak Main Dealer (Dealer Utama) meminta kita untuk membuat laporan penjualan untuk semua barang juga semua sales dari ketiga dealer tersebut ?

Solusinya jelas, kita harus menggabungkan ketiga tabel data tersebut. Dan Excel 2007 memiliki fasilitas khusus untuk menggabungkan beberapa tabel data sekaligus kedalam satu tabel tunggal, yaitu Consolidate.

Sebagai contoh, kita akan mencoba untuk menggabungkan ketiga tabel tersebut.

Tempatkan kursor ditempat kita akan meletakan tabel hasil penggabungan.
Klik menu Data lalu pada ribbon-bar klik Consolidate.

image

Kotak dialog Consolidate akan ditampilkan.

image

Pada kotak dialog tersebut tambahkan range untuk setiap tabel data yang ada. Caranya sebagai berikut:

  • Klik tombol Reference (disebelah kiri tombol Browse) lalu pilih range untuk tabel Dealer A, yaitu A3:D6. Akhiri dengan menekan tombol Enter pada keyboard lalu klik tombol Add untuk menambahkan range tersebut kedalam kolom All references.
  • Lakukan hal yang sama untuk tabel Dealer B (A8:D11) serta tabel Dealer C (A13:D16).

Contoh hasilnya sebagai berikut.

image

Pada bagian Use labels in, pilihan Top row serta Left column diaktifkan. Seting ini menjelaskan bahwa ketiga tabel data memiliki judul field serta kolom paling kiri yang sama.

image

Tutup kotak dialog ini dengan menekan tombol Ok.

Contoh hasil akhirnya seperti berikut ini.

image

Disini dapat kita lihat bahwa ketiga tabel data telah digabungkan kedalam satu tabel baru dengan cara yang singkat, mudah serta cepat.

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui dan diperhatikan jika kita akan menggunakan fasilitas Consolidate, yaitu:

  • Excel menggabungkan tabel data dengan cara meng-identifikasi data secara silang antara nama-field dengan kolom paling kiri, sehingga tabel data yang akan digabungkan juga harus memiliki nama-field serta label untuk kolom paling kiri, jadi tabel yang hanya memiliki nama-field saja tidak dapat digabungkan.
  • Data atau record harus merupakan tipe data numerik.
  • Tabel data yang akan digabungkan harus memiliki struktur yang sama, namun jumlah kolom maupun baris tidak harus sama, demikian juga dengan susunannya.
  • Tidak hanya fungsi SUM (penjumlahan) saja yang dapat digunakan. Pada kotak dialog Consolidate, di bagian Function, kita dapat juga menggunakan fungsi-fungsi lainnya.

image

  • Tidak hanya dalam satu workbook atau satu sheet saja seperti pada contoh diatas, namun fasilitas Consolidate juga dapat juga digunakan untuk menggabungkan tabel data dari file atau workbook yang berlainan. Caranya adalah dengan menggunakan tombol Browse pada kotak dialog Consolidate.

image

Demikian contoh dasar dari penggunaan fasilitas Consolidate dalam Excel 2007.
Mudah-mudahan ada gunanya.

File contoh yang digunakan dalam tulisan ini, dapat diambil disini.

Comments

sony said:

Makin mantap aja nih kang aris. Cuman bok ya diganti dikit judul-nya jangan Manajemen data Excel terus hi...hi... Tar lama-lama bikin buku deh.

# December 16, 2008 4:10 AM

Aris said:

emang keur bikin modul excel 2007 kang.. yg. dirasa penting, ditulis disini.. hehehe... :D

# December 16, 2008 8:26 AM

whatever... said:

Akhirnya selesai juga rangkaian tulisan Manajemen Data pada Excel 2007 , walaupun tentu saja yang saya

# December 16, 2008 2:50 PM

Oke Hendradhy said:

Sip anak muda teruskan kreasimu......

# December 18, 2008 11:06 AM

Aris said:

waaaa... ternyata saya masih awet muda euy... heuheuheu... ah kang oke mah... bcanda wae, maenya sayah masih anak muda... :D

# December 18, 2008 12:32 PM

Tutang said:

Hap, hip, hup. Dua bulan lagi kita lihat rangking portal ini, mudah-mudahan semakin naik. Salam kenal dan seukses selalu

# December 18, 2008 1:09 PM