Office Technician

just another office technician weblog

Mengenal Kegunaan Tab pada Word 2007 (Bag. 1)

Tulisan berikut ini sebagai jawaban pertanyaan yang diajukan saat break dari salah seorang peserta seminar di STBA, 04 April 2009 yang lalu. Pertanyaannya adalah: “Apa sebetulnya kegunaan dari Tab pada aplikasi Word ?”

Tab digunakan untuk menandai lokasi tertentu sebagai tempat penghentian obyek pada dokumen Word sehingga obyek tersebut akan berada pada posisi yang rata. Kita dapat menentukan arah perataannya, apakah rata kiri, kanan ataupun tengah. Lalu apa bedanya dengan perintah Alignment yang juga mengatur perataan obyek dalam dokumen Word kita ?

Alignment mengatur perataan obyek berdasarkan paragraf, sementara Tab tidak. Agar lebih jelas untuk melihat perbedaan tersebut cobalah untuk membuat 3 buah piramid berisikan angka 1,2 dan 3 pada dokumen Word kita, contohnya seperti berikut ini.

image

Bisakah kita membuatnya dengan menggunakan perintah Alignment ? Jelas bisa saja, namun tentunya membutuhkan waktu yang relatif lama, sementara dengan bantuan Tab kita dapat membuat piramid tersebut dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Jenis Tab

Pada aplikasi Word ada 5 jenis tab yang bisa kita gunakan, yaitu:

imageLeft Tab - Menentukan posisi obyek agar rata kiri.

image Center Tab - Menentukan posisi obyek agar rata tengah.

image Right Tab - Menentukan posisi obyek agar rata tengah.

image Decimal Tab - Menentukan posisi angka dibelakang koma pada nilai desimal agar rata.

image Bar Tab - Tab yang ini tidak mengatur posisi obyek, namun menyisipkan sebuah vertikal bar di posisi tertentu.

Ruler

Ruler atau penggaris adalah alat bantu ukur pada bidang aplikasi Word 2007. Ada 2 jenis ruler yaitu Vertical Ruler dan Horisontal Ruler.

image

Dalam hubungannya dengan Tab, ruler digunakan untuk melihat dimana posisi Tab berada. Jika pada Word yang kita gunakan ruler-nya tidak ada, maka kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Klik menu View lalu pada Ribbon-bar di bagian Show/Hide beri tanda centang pada Ruler untuk menampilkan ruler tersebut.

image

Dengan adanya ruler maka posisi Tab terlihat dengan jelas. Contohnya seperti berikut ini.

image

Cara Cepat Menggunakan Tab

Dengan bantuan ruler, kita dapat membuat sekaligus mengatur Tab dengan mudah.  Perhatikan disudut kiri atas tempat pertemuan Horisontal Ruler dan Vertical Ruler. Disana terdapat sebuah kotak kecil dengan simbol Tab didalamnya. Klik beberapa kali didalam kotak tersebut untuk mencari jenis Tab yang akan kita gunakan. Sebagai contoh saya memilih Right Tab.

image

Setelah kita memilih jenis Tab yang akan digunakan, langkah berikutnya menempatkan Tab tersebut. Caranya cukup dengan klik mouse pada ukuran tertentu di Horrisontal Ruler sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, saya menempatkan Right-Tab tersebut pada ukuran 4,25 cm di Horisontal Ruler.

image

Sekarang saatnya kita mencoba posisi Tab tersebut. Tekan tombol Tab pada keyboard maka kursor secara otomatis akan berpindah ke posisi dimana Tab tersebut berada, yaitu pada ukuran 4,25 cm. Jika kita ketikan teks disana maka akhir dari teks tersebut akan selalu berada pada ukuran 4,25 cm. Cobalah untuk menekan Enter lalu tekan tombol Tab kembali pada keyboard. Ketikan lagi sembarang teks dan lanjutkan dengan beberapa teks lagi. hasil akhirnya kita dapat melihat bahwa semua teks yang kita ketikan akan selalu berada pada posisi rata kanan di 4,25 cm.

image

Memindahkan Posisi Tab

Jika ternyata posisi Tab tidak sesuai dengan harapan kita, tentu saja kita dapat memindahkannya. Caranya cukup dengan menggeser simbol Tab tersebut pada Horisontal Ruler. Dan perhatikan bahwa jika simbol Tab kita geser maka obyek yang menyertai Tab tersebut juga akan ikut bergeser :-)

Menghapus Tab

Untuk menghapus Tab caranya sangat mudah, tinggal klik pada simbol Tab tersebut, tahan lalu geser keluar area Horisontal Ruler.

Menggunakan Multiple Tab

Kita dapat menggunakan beberapa Tab sekaligus dalam satu baris dokumen. Kembali lagi ke contoh piramid diatas, disana saya menggunakan 3 buah Center-Tab sekaligus. Jadi gunakanlah Tab berapa buah pun dalam dokumen kita, tujuannya tentu saja agar dokumen kita tampak lebih rapih dengan posisi teks / obyek yang rata dan sejajar sehingga dapat menimbulkan kesan professional.

Posted: Apr 06 2009, 05:57 PM by Aris | with 4 comment(s)
Filed under: ,

Comments

Desktop Support Technician said:

Pada tulisan sebelumnya kita sudah mengenal operasi Tab dengan menggunakan klik-mouse pada Horisontal

# April 6, 2009 6:00 PM

Desktop Support Technician said:

Semua orang pasti mengenal sebuah tipe dokumen berbentuk isian yang umum disebut dengan Formulir , bahkan

# April 11, 2009 9:40 AM

TAB Ms. Word 2007 | Jayanti Tri Hapsari said:

Pingback from  TAB Ms. Word 2007  | Jayanti Tri Hapsari

# October 11, 2013 3:53 PM

TUGAS 2 said:

Pingback from  TUGAS 2

# October 18, 2013 9:06 AM