Office Technician

just another office technician weblog

Menggunakan Rumus pada Tabel di Word 2007 (Part 1)

icon-word Tanpa sengaja disebuah toko komputer saya melihat salah seorang pegawai toko komputer tersebut yang tengah menghitung sebuah tabel pada aplikasi Word dengan menggunakan kalkulator ! Duh, kenapa harus pake kalkulator ? mungkin karena sebagian besar pengguna menyangka bahwa perhitungan otomatis hanya bisa dilakukan pada aplikasi Excel, padahal tabel pada Word juga dapat melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus. Walaupun sudah pasti tidak sehebat Excel namun sekedar untuk membantu perhitungan sederhana rasanya sudah mencukupi dibandingkan harus menghitung secara manual.

Penjelasan Dasar

Rumus yang digunakan pada tabel dalam aplikasi Word pada dasarnya sama dengan rumus yang digunakan pada Excel, beberapa yang umum digunakan diantaranya adalah:

  • SUM: Untuk menjumlahkan data.
  • AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • COUNT: Menghitung jumlah data.
  • MIN: Untuk mencari nilai terkecil.
  • MAX: Untuk mencari nilai terbesar.

Dan sebagai bantuan lainnya kita juga dapat menggunakan operator matematis standar seperti berikut ini (tanpa quote):

  • "+" penjumlahan.
  • "-" pengurangan.
  • "*" perkalian.
  • "/" pembagian.
  • "A" eksponensial.

Aturan Penulisan

Aturan penulisan rumus pada Word juga sama dengan aturan penulisan rumus pada Excel, yaitu selalu diawali tanda samadengan “=” dan variabel rumus diapit oleh tanda kurung “()”. Contoh struktur penulisan rumus pada Word dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Drawing1 

Alamat Sel

Untuk mempermudah penulisan rumus maka Word menggunakan 4 istilah untuk alamat sel, yaitu:

  • LEFT: Merujuk pada sel di sebelah kiri sel aktif.
  • RIGHT: Merujuk pada sel di sebelah kanan sel aktif.
  • ABOVE: Merujuk pada sel di sebelah atas sel aktif.
  • BELOW: Merujuk pada sel di sebelah bawah sel aktif.

Untuk penggunaan rumus tingkat lanjut kita juga dapat menggunakan alamat sel seutuhnya seperti pada Excel, yaitu menggunakan nomor baris dan nama kolomnya. Hanya saja karena pada Word tidak ada informasi yang menunjukan nomor baris dan nama kolom tersebut maka asumsikan saja bahwa tabel yang kita buat pada Word tersebut memiliki alamat seperti tabel berikut ini.

image

Sebagai contoh, misalkan pada Word kita memiliki tabel seperti berikut ini.

image

Maka alamat sel yang sesuai untuk tabel tersebut dapat dilihat pada skema berikut ini.

image

Cara Menggunakan Rumus

Didalam ribbon, perintah untuk menggunakan rumus ini terdapat pada contextual menu Table Tools. Contextual menu ini hanya akan ditampilkan jika kursor berada didalam sebuah tabel. Pada menu Table Tools tersebut, perhatikan group Data didalam tab Layout. Disana kita dapat menemukan tombol perintah Formula untuk menggunakan rumus ini.

image

Dengan menekan tombol tersebut Word akan menampilkan kotak dialog Formula seperti berikut ini.

image

Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 bagian utama yang membantu kita dalam penulisan rumus, yaitu:

Formula: Tempat untuk menuliskan rumus.

image

Number format: Mengatur format penulisan angka.

image

Paste function: Daftar rumus yang bisa digunakan.

image

…Bersambung ke Part 2…

Posted: May 22 2009, 01:19 PM by Aris | with no comments
Filed under: ,