Office Technician

just another office technician weblog

Menggunakan Rumus pada Tabel di Word 2007 (Part 2)

icon-word Pada tulisan sebelumnya kita telah mengetahui beberapa hal seputar penggunaan rumus pada tabel di Word 2007 yang pada dasarnya mirip dengan penggunaan rumus pada aplikasi Excel. Pada tulisan ini, kita akan melihat beberapa contoh penggunaan rumus tersebut dalam sebuah tabel sederhana.

Cobalah untuk membuat sebuah tabel seperti tampak pada gambar berikut ini.

image 

Tempatkan kursor pada sel kosong dibawah sel yang berisi angka 8 lalu klik tombol Formula pada ribbon hingga Word akan menampilkan kotak dialog Formula.

image

Perhatikan bagian Formula: yang secara otomatis telah terisi dengan rumus
=SUM(ABOVE), yang artinya Word akan menjumlahkan data yang berada diatas sel aktif. Klik tombol OK untuk menyetujui dan hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

image

Lanjutkan dengan menempatkan kursor pada sel kosong dibawah sel yang berisi angka 60000. Lalu klik kembali tombol Formula. Pada kotak dialog yang muncul, cobalah untuk memilih salah satu format penulisan angka pada bagian Number format: seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog dan contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. Secara otomatis Word telah menjumlahkan semua harga barang pada sel diatasnya.

image

Sekarang tempatkan kursor pada sel kosong disebelah sel yang berisi angka 50000.
Klik tombol Formula. Pada bagian Formula: ketikan =B2*C2. Penjelasan untuk alamat sel B2 dan C2 tersebut dapat dilihat pada tulisan sebelumnya. Pilih juga salah satu format penulisan angka pada bagian Number format:.

image

Klik tombol OK dan hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

image

Dengan melihat beberapa contoh sebelumnya, tentunya dengan mudah kita bisa mengisi sel-sel kosong lainnya dengan menggunakan bantuan rumus tersebut. Contoh hasil akhirnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

image

Sekarang bagaimana jika data mengalami perubahan ? Tentu saja hasil perhitungan rumus juga secara otomatis akan berubah, hanya saja perubahan tersebut tidak berlangsung secara langsung / realtime seperti pada Excel, namun kita harus meng-updatenya secara manual. Caranya cukup sorot seluruh tabel lalu tekan tombol F9 pada keyboard.

Sebagai contoh, cobalah untuk mengganti salah satu data pada tabel contoh diatas lalu sorot seluruh tabel dan tekan tombol F9. Hasil perhitungan rumus akan langsung berubah mengikuti perubahan data yang kita lakukan agar hasilnya tetap sesuai.

Demikian 2 tulisan singkat seputar penggunaan rumus pada tabel dalam aplikasi Word 2007 ini. Mudah-mudahan ada gunanya.

Posted: May 22 2009, 01:21 PM by Aris | with no comments
Filed under: ,