Office Technician

just another office technician weblog

Cara Cepat Mengambil Gambar dari Dokumen Office 2010

office-2010Adakalanya kita membutuhkan beberapa gambar yang terdapat didalam dokumen-dokumen Office 2010, seperti misalnya gambar dalam dokumen Word, dalam tabel Excel atau dalam slide PowerPoint. Untuk mengambil gambar-gambar tersebut, cara yang umum dilakukan adalah membuka dokumen Office tersebut, Copy gambarnya lalu Paste pada aplikasi pengolah gambar seperti MS-Paint atau Photoshop. Cara seperti ini jelas menyita waktu, apalagi jika gambar yang kita butuhkan jumlahnya banyak.

Untungnya ada solusi agar kita dapat mengambil gambar-gambar tersebut dengan lebih cepat tanpa harus membuka dokumennya terlebih dahulu, yaitu dengan merubah ekstensi dokumen Office yang berisikan gambar tersebut menjadi ekstensi ZIP. Caranya sebagai berikut.

Cobalah gunakan dokumen Word, Excel ataupun PowerPoint yang telah berisikan gambar didalamnya. Sebagai contoh disini saya menggunakan sebuah dokumen Word yang bernama Contoh.DOCX. Dokumen tersebut berisikan 2 buah gambar seperti berikut ini.

01

Pastikan dokumen tersebut telah berada dalam kondisi tertutup lalu buka folder tempat menyimpan dokumen tersebut dengan Windows Explorer. Pastikan bahwa opsi Hide Extensions for known file types, yaitu opsi untuk menyembunyikan ekstensi file telah di-non-aktifkan. Opsi ini dapat ditemukan di bagian Folder and Search Options pada Windows Explorer.

02

Hasilnya sekarang kita dapat melihat nama dokumen berikut ekstensi filenya.

03

Rename ekstensi DOCX menjadi ZIP.

04

Klik-ganda pada file ZIP tersebut untuk membukanya, dan kita dapat melihat struktur file dan folder didalamnya.

05

Masuklah kedalam folder word lalu kedalam folder media. Dan kini kita dapat melihat 2 file gambar didalam folder tersebut. File-file gambar itulah yang terdapat pada dokumen Word kita.

06

Selanjutnya jelas kita tinggal mengambil file-file gambar tersebut dengan operasi Copy-Paste biasa dan mengolahnya untuk keperluan lain :) Anda juga dapat mencoba cara ini untuk file-file Office lainnya seperti misalnya Excel ataupun PowerPoint :)

Sekedar penjelasan singkat kenapa hal tersebut bisa terjadi, ini karena file-file Office 2010 berbasis format Office Open XML, hingga saat dirubah kedalam format ZIP lalu kita membuka file ZIP tersebut maka kita dapat melihat struktur file dan folder XML yang menyusun file dokumen tersebut.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

Comments

Aprizon said:

mantabs..

sangat membantu sekali bos..

# August 3, 2011 3:10 PM

Luthfia Rifaah said:

manntab.....

nice post..

# August 6, 2011 11:12 AM

BLOG-BLOG PENTING | dhyfaiz's Weblog said:

Pingback from  BLOG-BLOG PENTING | dhyfaiz's Weblog

# September 6, 2014 11:16 PM