Office Technician

just another office technician weblog

Menggunakan Format Tampilan Layar Lebar (Wide-Screen) pada PowerPoint 2010

powerpoint-2010Teknologi layar atau display peraga saat ini tampaknya sudah bergeser ke arah tampilan wide-screen atau layar lebar. Jika format tampilan standard umumnya menggunakan format letterbox atau 4:3, maka format yang mulai umum digunakan saat ini adalah 16:9. Format tampilan layar lebar ini tidak hanya kita jumpai di perangkat seperti TV, monitor komputer ataupun laptop saja, tapi sudah banyak juga proyektor yang mendukung format ini. Jika kita membuat slide presentasi dengan aplikasi PowerPoint, maka format default yang digunakan adalah format standar yaitu format 4:3, hal ini akan menyebabkan saat kita menjalankan presentasi tersebut pada display peraga dengan format layar lebar maka tampilannya akan terpotong seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Sebagai solusinya, kita dapat merubah ukuran slide tersebut kedalam format layar lebar juga, agar saat presentasi dijalankan maka tampilannya akan memenuhi seluruh layar dan tidak terpotong lagi. Caranya sangat mudah, pada ribbon, klik tab Design lalu klik tombol Page Setup.

image

Pada kotak dialog Page Setup yang ditampilkan, di bagian Slides sized for, klik pada pilihan On-screen Show (16:9) dan akhiri dengan meng-klik tombol OK.

image

Hasilnya ukuran slide kini telah menggunakan format layar lebar. Namun kendala yang dihadapi untuk perubahan format ini adalah jika slide telah berisikan obyek teks maupun obyek lainnya, maka obyek-obyek tersebut akan berubah juga ukurannya namun tidak proporsional karena menyesuaikan dengan format slide yang telah kita pilih sebelumnya.

image

Dampaknya adalah kita perlu merubah atau menyesuaikan kembali obyek tersebut satu persatu agar ukurannya kembali proporsional. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita memilih terlebih dahulu format mana yang akan digunakan sebelum kita mulai membuat slide presentasi.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.