BFIndarto

Live & Learn

Quote of the Day

  • "When it is obvious that the goals cannot be reached, don't adjust the goals, adjust the action steps." - Confucius






 


Recent Posts

Recent Activities

July 4-12, 2011
Deliver IT training
Title: SharePoint 2010, Config & Dev
Location: BioFarma Bandung

June 20-24, 2011
Deliver IT training
Title: SharePoint 2010, Development
For Indonesia Power, Jakarta

May 30-June 04, 2011
Deliver IT training
Title: Windows Server 2003 Infra
Location: Solusi, Jakarta

March - October, 2011
PowerPoint 2007 Trainer & Consultant
for CIMB-NIAGA
Location: Jakarta, Indonesia

Oct 11-14, 2010
Deliver IT training
Title: Office Excel 2007 Adv, Total E&P
Location: Balikpapan, Indonesia

Sep 27-30, 2010
Deliver IT training
Title: Excel 2007 Macro, Total E&P
Location: Balikpapan, Indonesia

Agt 24-27, 2010
Deliver IT Training
Title: MS Server 2008, Sidola
Location: Bandung, Indonesia

Agt 05-07, 2010
Deliver IT Training
Title: MS Office 2010, INTI College
Location: Jakarta, Indonesia

Jul, 2010
Deliver IT Training
Title: MS Office 2010, SPH
Location: Karawaci, Indonesia

Jun-Jul, 2010
Deliver IT Training
Title: MCPD.NET Certification, UMP
Location: Pahang, Malaysia

Feb 15-19, 2010
Deliver IT training
Title: WSS-MOSS 2007, Native Enterprise
Location: Bandung, Indonesia

Feb 1-5, 2010
Deliver IT training
Title: Cisco Fast-Track, Sidola
Location: Bandung, Indonesia

Links & Resources

Tags

Community

Karir Setelah Mendapatkan Sertifikasi

image Salah satu manfaat dari keberhasilan seseorang yang mendapatkan sertifikasi IT (dalam hal ini Microsoft Certification) adalah membantu seseorang tersebut untuk memilih dan fokus pada teknologi yang ingin dipelajari/didalami/diterapkan, dengan latar belakang bahwa dunia IT itu memang luas. Apalagi sekarang sudah ada “Era Perdagangan Bebas” (dengan Cina dan beberapa negara Eropa) sehingga, kefokusan itu memang merupakan suatu nilai plus.

Tetapi, ternyata masih banyak orang yang malah bingung dan bertanya, kira-kira kalo yang bersangkutan memilih untuk ikut dalam suatu track sertifikasi, nantinya dia akan bekerja atau berkarir dimana. Terutama (mungkin) pada fresh graduate, karena, ya, mereka memang sedang dalam masa transisi (dari lingkungan belajar ke lingkungan professional). Apalagi dengan mempertimbangkan nilai dalam bentuk uang yang akan mereka keluarkan pada saat ujian.

Jadi, melalui tulisan ini, saya ingin berbagi cerita (terutama dari rekan dan siswa saya) dan beberapa karir yang bisa dikembangkan setelah kita mendapatkan sertifikasi. Ada dua bagian besar, yaitu bekerja di kantor dan menjadi bekerja independent.

Yang pertama adalah bekerja di kantor. Untuk karir yang pertama ini, mungkin saya tidak akan bicara banyak. Dari kabar teman dan siswa saya, setidaknya, dengan adanya sertifikasi di tangan mereka, mereka menjadi lebih fokus, expert, mendapat penghargaan dari atasan dan rekan kerja, dan tentu saja… job dan penghasilan meningkat. Setiap kali saya membuka suatu sesi training, saya biasa melakukan screening goal. Setidaknya lebih dari 50% peserta mengatakan kalau mereka ingin naik gaji. Dari siswa-siswa saya yang saya training persis sebelum mereka lulus, sekiranya lebih dari 80% dari mereka mengatakan bahwa mereka selalu mendapatkan panggilan interview. Walaupun pada akhirnya mereka sharing ke saya bahwa pertanyaan interview-nya berat dan cenderung ke arah penyelesaian kasus. Tapi ya, hal tersebut sudah saya kemukakan sebelumnya, dan bahwa mereka bisa mempelajari kasus-kasus dari komunitas atau forum.

image Ada dua cerita dari temannya teman saya. Yang satu seorang perempuan, yang fokus di MS PowerPoint 2007, bersertifikasi MCAS Powerpoint 2007. Beliau bekerja di suatu perusahaan konsultan, yang akhirnya membantu atasan dan rekannya dalam mendevelop slide presentasi yang professional. Sayangnya, imagebeliau tidak share nilai gajinya. Informasi lain, beliau seorang laki-laki, masih muda, sekitar 25 tahun yang dengan bergelar MCDST Windows XP, berhasil masuk dan bekerja di salah  satu perusahaan IT di Singapura. Tugasnya sebagai HelpDesk Windows Client. Pekerjaannya mungkin bisa tertebak, membantu rekan yang lain yang tidak melek IT: troubleshooting, membasmi virus, installasi driver, beliau buka angka gaji: di atas 11++ juta.

Di luar profesi bekerja di kantor, tentu saja bekerja secara independent. Well guys, saya rasa opsi ini lebih baik dipilih daripada bekerja sebagai karyawan outsource. Dari segi penghasilan pun sebetulnya tidak kalah dari rekan-rekan yang bekerja di kantor.

Pilihan jasa yang bisa ditawarkan… banyak… seluas bidang ilmu yang ada di IT. Kata kuncinya biasanya adalah konsultan. Kunci sukses bekerja secara independent menurut saya adalah fokus, kembangkan ide-ide dan rajin-rajin menawarkan ide tersebut (selain kunci sukses positif lain tentunya).

Kalau senang di bidang Desktop Engineer atau IT HelpDesk, kita bisa menawarkan jasa tersebut. Misalnya, menyiapkan suatu custom sistem desktop yang siap pakai (oleh karyawan). Sebagai contoh, ada rekan saya yang bidang usahanya adalah menyediakan PC beserta OS dan aplikasi-aplikasi yang diperlukan di lab sekolah tingkat menengah, yang termasuk di dalamnya adalah aplikasi remote desktop sehingga guru bisa melakukan presentasi via layar monitor masing-masing siswa. Atau, masih di bidang pendidikan, kita bisa mendevelop materi-materi pelajaran. Barangkali saja salah satu pembaca posting ini punya ide untuk bisa mendevelop MOC atau Course Library dalam bahasa Indonesia  :) 

image Di bidang development dan system, mungkin sudah banyak yang fasih. Ya, intinya, ide. Kita bisa membuat custom dan customer based software. Sebagai contoh, ada rekan yang membuat aplikasi HRIS (Human Resource Information System) versi web-based, karena ada perusahaan yang berencana me-migrasi OS client dari MS ke Mac. Jadi, Aplikasi yg OS based bisa terkena kendala compatiblity. Atau.. baru-baru ini saya baru mempelajari teknologi Sharepoint. Bukan teknologi baru, sudah diterapkan di perusahaan-perusahaan besar sekelas PT Telkom, Chevron dan Freeport, tapi menurut saya masih wah. Suatu teknologi web based (.NET based) yang bisa dipergunakan untuk menyediakan portal, komunikasi, kolaborasi antar karyawan suatu perusahaan. Jadi ada ide untuk menawarkan pembuatan Sharepoint Server Portal ke beberapa klien. He he he..

Satu bidang yang saya sukai dan prospeknya sangat bagus adalah bidang training IT dan EO. Saya ingin sharing tentang bidang ini. Rekans bisa berada di posisi sebagai trainer atau penyedia training. Kalau berada di posisi trainer, tentu saja requirementnya harus bisa fokus dalam bidang tertentu, bisa belajar dengan cepat, dan memiliki teknik komunikasi yang baik. Akan lebih baik lagi kalau sebelumnya sudah pernah bekerja di bidangnya atau pernah mengerjakan project yang berkaitan dengan bidangnya.

Berada di posisi penyedia training pun tidak kalah menariknya. Kita bisa pilih untuk mendirikan training center. Investasi memang lumayan tinggi. Karena harus memiliki ijin, SDM, dan persetujuan mitra (contohnya sertifikasi Microsoft Partner).

Native Enterprise Opsi lainnya, menyediakan custom training (training++) atau EO (Event Organizer). Sebagai contoh, rekan bisa lihat Native-Enterprise, yang menyediakan custom training dengan menyediakan tempat training di Guest House yang sangat nyaman. Respon dari peserta trainingnya pun sangat positif.

Contoh lain, EO, bisa lihat rekan-rekan yang mengadakan workshop singkat satu hingga tiga hari mengenai beberapa topik yang mungkin dirasakan sangat sederhana: “Membuat presentasi professional full multimedia dengan PowerPoint”, “Panduan analisis finansial dengan Excel”, “Gang of Four Design Pattern with VB or C#”, dan lain-lain, yang bisa dibandrol dengan harga 1 hingga 5 juta per-peserta. Saya juga ingin sharing tentang tempat saya bekerja beberapa tahun yang lalu. Dengan ide “Advanced Financial Analysis with Microsoft Excel 2007”, kita membuat event workshop 2 hari di salah satu hotel di Bali. Sasaran peserta adalah professional di perusahaan minyak dan gas. Dibandrol dengan harga 20jt++, peserta yang datang lebih dari 20 orang dari berbagai negara. Tentu saja… kita mendatangkan trainer yang bersertifikasi.

Akhir dari tulisan ini, semoga rekan-rekan bisa memutuskan untuk punya satu atau mungkin beberapa kefokusan dan mensertifikasinya. Selain dari cerita-cerita tentang karir yang ada di atas, rekans juga bisa melihat Orang-orang yang sudah MVP dan apa saja yang telah mereka kerjakan/capai. Kenapa saya sediakan link ke MVP, karena mereka dinilai sudah berhasil di pekerjaan dan sebagai independent person, sehingga bisa dijadikan ide untuk kita.

Kembangkan terus ide rekan-rekan.

 

Semoga bermanfaat,

Written with Windows Live Writer
Bambang F. Indarto, S.T. 
MCT, MCTS, MCPD, MCAS, CCNA

Comments

reyza said:

weeew.....buntut di namanya panjang bangeeeeet....tinggal nambah gelar2 di awalan nih :)

# February 24, 2010 7:46 PM

Bambang F. Indarto said:

kalo kata dosen sy, buntut itu buat nakut-nakutin orang aja kok. padahal mah sama-sama masih belajar  :).  gelar awalan.. masih dipersiapkan, karena biasanya ge;ar awalan tanggung jawabnya lebih berat  :)  

# February 25, 2010 6:28 AM

Kisman A. A. Mattotorang said:

infonya mantaapss, mudh2n yg lain dpt terinspirasi nih!.

# February 25, 2010 8:05 AM

Yugie said:

hemm... bener Pak, jadi pengen nih sertifikasi.. hoho :)

# February 25, 2010 8:51 AM

firstman said:

Daya saing dalam mencari pekerjaan saat ini sudah sedemikian ketat, dengan menjamurnya universitas/intitute

# February 28, 2010 12:30 AM

Firstman R Marpaung said:

Daya saing dalam mencari pekerjaan saat ini sudah sedemikian ketat, dengan menjamurnya universitas/intitute

# March 5, 2010 12:23 AM

I???m Certified!! Are you? ??? Persembahan Untuk Komunitas | Portal Resmi MUGI Bandung said:

Pingback from  I???m Certified!! Are you? ??? Persembahan Untuk Komunitas  |  Portal Resmi MUGI Bandung

# November 5, 2011 4:54 PM

I???m Certified!! Are you? ??? Persembahan Untuk Komunitas | Portal Resmi MUGI Bandung said:

Pingback from  I???m Certified!! Are you? ??? Persembahan Untuk Komunitas  |  Portal Resmi MUGI Bandung

# November 6, 2011 6:25 AM