bobby iskandar zulkarnain

Exchange Server 2007 - Server Provisioning

Rekan-rekan, pada artikel ini saya mencoba untuk mengungkapkan tentang Server Provisioning pada MS Exchange Server 2007. Tentu saja untuk para pakar Exchange di sini bisa jadi hal ini bukan hal yang baru, hehehe…

Selain Administrative Roles, Microsoft Exchange Server 2007 juga mendukung Server Provisioning, atau pendelegasian untuk dapat melakukan instalasi server. Nah, dengan demikian administrator Exchange memiliki fleksibilitas dalam hal perintah setup untuk membuat sejumlah objek-objek server dalam configuration partition dan untuk mendelegasikan permission yang diperlukan untuk menginstal server ke user account.

Lalu bagaimana cara melakukan provisioning ini? Pertama kita harus membuat sebuah computer account untuk server Exchange yang baru (bila belum ada). Kemudian log on ke Server Exchange yang telah ada sebelumnya (tentu saja dengan menggunakan account yang merupakan member dari Exchange Organization Administrator group). Pada folder binary Exchange kita ketikkan perintah berikut:

Exsetup /NewProvisionedServer:<FQDN of server name> /ServerAdmin:<domain\account>

Gambar berikut menunjukkan contoh dari server provisioning yang memberikan permission ke sebuah user account Ronald untuk menginstal server Exchange SRV01.

clip_image002

Begitu selesai proses provisioning ini, kita dapat melihat statusnya pada Exchange Management Console, pada bagian Server Configuration. Provisioning ini tentu saja dapat kita lakukan pada tambahan server lainnya yang menjadi kandidat server exchange tambahan, misalkan setelah kita lakukan hal yang sama pada server dengan nama server Exchange02, begitu selesai proses provisioningnya, terlihat sebagai objek server provisioned di Server Configuration pada Exchange Management Console, seperti tampak pada gambar berikut.

clip_image004

Untuk menghapus server yang berstatus provisioned atau untuk menghapus server yang gagal di-provisioned kita dapat menggunakan perintah berikut :

Exsetup /RemoveProvisionedServer:<FQDN of server name>

Misalkan untuk menghapus status provisioned dari server Exchange02 contohnya dapat dilihat pada gambar berikut.

clip_image006

Kasus lapangan untuk Server Provisioning

Untuk instalasi Exchange pada jaringan kecil (small network), server provisioning tidak kita butuhkan. Jelas pastinya karena instalasi yang kita lakukan seputaran jaringan berupa single-site yang dilakukan cukup oleh satu orang saja sebagai Exchange Administrator, tetapi ketika kita dihadapkan pada tantangan untuk instalasi Exchange pada multi-site dimana pada tiap site terdapat kebutuhan untuk menginstal dan mengelola sendiri server Exchange-nya, maka server provisioning menjadi solusi yang tepat.

Semoga dapat bermanfaat……