bobby iskandar zulkarnain

Windows Server 8 Dev Preview: NIC Teaming

NIC Teaming: fitur ini salah satu yang didambakan di datacentre: kemampuan untuk menggabungkan sejumlah network adapter untuk melipatgandakan bandwidth dan menyediakan failover. Pada versi Windows sebelumnya, system administrator harus menggunakan vendor pihak ketiga untuk penyediaan fitur teaming ini. Microsoft menawarkan in-the-box NIC teaming hingga 32 kartu jaringan (secara teoretis) dengan tanpa kebergantungan pada tipe kartu jaringan yang dipasang.

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk mengkonfigurasi teaming di Windows Server 8.

Pada Server Manager, pada halaman ALL SERVERS, klik-kanan pada server yang ingin dikonfigurasi (dalam contoh berikut adalah Server DCS01), kemudian pilih Configure NIC Teaming.

clip_image002

Sesaat kemudian akan muncul kotak dialog untuk nama server tersebut, secara default akan terisi sesuai dengan nama server yang ingin dikonfigurasi, dan proses konfigurasi teaming dapat melibatkan lebih dari satu server. Klik OK.

clip_image003

Kemudian pada window NIC Teaming, kita pastikan pada bagian Network Adapters, semua kartu jaringan yang akan dikonfigurasi untuk teaming terdeteksi, setelah itu pada bagian TEAMS, klik TASKS kemudian pilih New Team.

clip_image005

Kemudian pada kotak dialog Add Team, pada bagian General Team Option, isikan nama untuk Team Name, dan jangan lupa memberikan tanda cek/centang pada kartu jaringan, kemudian klik Apply dan OK.

clip_image007

Kembali pada window NIC Teaming, pastikan pada bagian TEAMS, Status:OK

clip_image009

Pastikan juga pada bagian Team Interfaces, pada bagian State: Connected.

clip_image011

Setelah semuanya selesai, kita berikan alamat IP ke kartu jaringan hasil teaming ini.

clip_image013

Semoga bermanfaat….

Comments

bobby iskandar zulkarnain said:

Rekans, video tutorial berikutnya telah saya unggah, berisi langkah demi langkah konfigurasi NIC Teaming

# March 5, 2012 12:12 PM