Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)

Pernahkan secara tiba-tiba windows anda memunculkan pop-up window prompt seperti ini ? Klo ya, berarti fitur User Account Control di windows anda sedang dalam kondisi aktif.

User Account Control Window Promt

Salah satu fitur security andalan yang terdapat pada Windows 7 yaitu User Account Control (UAC). Fitur ini juga bukan ‘barang baru’ karena di versi windows sebelumnya sudah terdapat fitur ini. Pada Windows 7 UAC semakin disempurnakan dengan penggunaan 4 level UAC. Jika dibandingkan dengan UAC yang terdapat pada Windows Vista hanya ada pilihan untuk mengaktifkan atau non-aktifkan. Peningkatan level UAC pada Windows 7 mungkin dikarenakan karena banyak user Windows Vista yang merasa terganggu ketika akan menginstall atau melakukan perubahan pada system yang kerap kali memunculkan pop-up window prompt.

Control Panel UAC memungkinkan Anda untuk memilih diantara empat pengaturan yang berbeda :

  1. Always notify on every system change. Level tertinggi - Sebuah UAC prompt akan terjadi ketika terjadiperubahan pada sistem (Windows setting, instalasi software, dll)

  2. Notify me only when programs try to make changes to my computer. Pengaturan ini tidak akan memunculkan prompt ketika kita menjalankan Contol Panel dan tugas-tugas administrasi, serta hanya akan memunculkan promt jika terjadi perubahan pada system.

  3. Notify me only when programs try to make changes to my computer, without using the Secure Desktop. Pengaturan ini sama dengan # 2, tapi UAC prompt akan muncul pada saat desktop normal bukan Secure Desktop. Meskipun hal ini berguna untuk menjalankan driver video tertentu yang membuat desktop beralih secara perlahan, perhatikan bahwa Secure Desktop merupakan sebuah penghalang untuk software yang mungkin mencoba untuk menipu respone/tanggapan anda.

  4. Never notify. Mematikan UAC ini sama sekali.

Step by step mengatur User Account Control :

1. Pada instant search ketikkan ‘user’ pilih Change User Account Control settings atau bisa juga dengan mengetikkan ‘msconfig’ pada instant search pilih msconfig.exe pilih tab Tools Change UAC Settings.

Instant Search : key 'user' Instant Search : key 'msconfig'

System Configuration

2. Kedua langkah diatas akan memunculkan window User Account Control settings, kita dapat menentukan level UAC pada window tersebut.

User Account Control settings

3. Jika telah selesai, pilih OK.

Sangat mudah bukan ? Sekarang masalah yang muncul apakah penting untuk menggunakan UAC padahal di PC kita telah terdapat anti virus ? Jawabannya bisa ya atau tidak. Security merupakan hal yang kompleks dan berbanding terbalik dengan usabillity dan fleksibilitas. UAC menurut saya sangat ampuh untuk mencegah infeksi virus, trojan, malware, rootkit, spyware dll, masuk ke system kita. Kita tidak bisa sepenuhnya percaya akan performa antivirus yang telah ada di system kita. Dengan adanya UAC, semua virus, trojan dll, tidak mampu mengubah system tanpa diberi hak akses. UAC prompt meminta user untuk mengklik Ya atau Tidak sebelum user mendapat token akses administrator. Jika pengguna bukan administrator, user harus memberikan kredensial administrator untuk menjalankan program.

Karena UAC membutuhkan seorang administrator untuk menyetujui instalasi aplikasi, aplikasi yang tidak sah tidak dapat diinstal secara otomatis atau tanpa persetujuan eksplisit dari seorang administrator.

Keep rock on Windows 7 !


Posted Dec 19 2009, 03:11 PM by Dani R Taufani

Comments

Aburame Acep wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 12-19-2009 20:40

nice info dan....

sepertinya harus di aktifkan nih....

soalnya ga terlalu yakin sama antivirus yg dipake sih...

hehheehe.....

keep posting...

uberVU - social comments wrote Social comments and analytics for this post
on 12-21-2009 9:24

This post was mentioned on Twitter by danitaufani: Melakukan Pengaturan pada #UserAccountControl http://siteo.us/0F

masykur wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 12-21-2009 17:19

lanjut tulisane

avikaco wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 12-24-2009 0:41

UAC ini kadang terasa terlalu bawel, dikit2 nanya, tapi emang bikin komputer kita lebih aman sih. nice post...

Uchiha Budi wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 01-08-2010 20:40

Kawan-Kawan,

Saya ingin bertanya tentang User Account Administrator saya, saya menggunakan Windows 7 Ultimate, karena Administrator telah saya "remove" melalui Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Local User and Groups > Users. Nah, dengan me-remove tersebut account administrator saya jadi hilang dan saya tidak bisa meng-install program. Menurut Bapak bagaimana solusi dari masalah tersebut? Supaya User account Administrator saya bisa aktif kembali.

Saya Punya 2 User, satu Administrator dan satu lagi Standard User. Saya Menggunakan Administrator untuk me-remove account Administrator itu sendiri. Nah ketika saya restart, alhasil hanya terdapat Standard User saja. Dan ketika saya ingin me-add lewat cara yang sama tidak bisa, karena saya menngunakan Standard User. Dan biasanya ketika menggunakan Standard User saat akan masuk bagian security/privacy/meng-install aplikasi membutuhkan password Aministrator, tapi masalahnya ketika ada pilihan "Yes" atau "No", tombol "yes" tidak bisa di-klik.

Tolong bantuannya yuph...

Dani R Taufani wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 01-15-2010 22:19

mas uchiha, coba masuk ke safe mode dengan akun administrator. nah setelah itu add Admin account seperti cara yg diatas mas sebutkan..

semoga membantu !

Dani R Taufani wrote Action Center Feature in Windows 7
on 02-04-2010 14:57

Windows Security Center memulai debutnya pada Windows XP SP2. Seperti yang Anda tahu, SP2 dirancang untuk

iqbal abdurahman wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 02-07-2010 22:42

UAC emang fitur yang yahut buat nangkal virus juga

Dani R Taufani wrote Melihat Hidden File pada Windows 7
on 02-08-2010 14:20

Pernahkah kita menjalankan sebuah file yang kita tidak dikenal extensi filenya ? Banyak modus penyebaran

avikaco wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 02-08-2010 22:03

bener banget tuh, UAC sepertiinya perlu di setting di setiap PC

Sapi'i wrote re: Melakukan Pengaturan pada User Account Control (UAC)
on 02-09-2010 16:37

fitur uac ini peting banget gan..

tapi masih banyak juga yg ga tau fungsinya

thanks ya

Melihat Hidden File pada Windows 7 « ondiyunarta wrote Melihat Hidden File pada Windows 7 « ondiyunarta
on 05-31-2011 13:05

Pingback from  Melihat Hidden File pada Windows 7 « ondiyunarta

Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 | Asuhan Keperawatan wrote Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 - Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 | Asuhan Keperawatan
on 10-27-2011 1:56

Pingback from  Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 -   Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 -   Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 -   Cara Membuka Folder Hidden Di Win7 | Asuhan Keperawatan