Membuat anak panah dengan menggunakan Word

Office2010Logo Ini artikel request dari salah satu temen saya yang menanyakan cara membuat anak panah seperti dibawah ini. Ternyata untuk membuatnya gampang-gampang sulit, terlebih ini menggunakan Microsoft Word 2007 atau Word 2010 yang notabene-nya bukan image/picture editor. Namun jangan khawatir di versi Office 2007 dan Office 2010 telah diperkaya dengan fitur Drawing/Picture Tools untuk menambahkan animasi gambar yang dapat membuat document kita akan semakin cantik dan terkesan professional.

Word 2007 

1. Buka Microsoft Word, sebenarnya di aplikasi office yang lain (Excel, Outlook, PowerPoint, dll) juga dapat digunakan, yang penting disitu terdapat pilihan insert Shapes.

2. Pilih tab Insert > Shapes pada group Illustrations > Pilih shape yang akan kita gunakan.

membuat anak panah (1)

3. Setelah itu buat sebuah anak panah pada work area dengan cara mengklik dan geser.

membuat anak panah (2)

4. Di ribbon menu akan ada extend tab, Drawing Tools, Format. Untuk menghilangkan garis luar pada shape yang telah kita buat, klik Shape Outline pada group Shape style > No Outline.

membuat anak panah (3)

5. Selanjutnya kita akan menambahi efek gradasi pada Shape. Masih pada menu tab yang sama pilih Shape Fill > pilih salah warna dan type Gradient.

membuat anak panah (4)

Maka tampilan shape akan berubah seperti ini.

membuat anak panah (4)

6. Untuk menambahkan efek transparan, pilih Shape Fill > Gradient > More Gradients… Maka akan memunculkan window Format shape. Set value Transparancy seperti dibawah.

membuat anak panah (6)

Efek transparancy pada ekor anak panah.

 membuat anak panah (7)

7. Jika untuk memperbanyak anda tinggal copy dan paste. Anda juga dapat menambahkan text dengan pilihan Draw Text Box di group Insert Shapes.

membuat anak panah (8)

Selamat mencoba !




Posted Jan 20 2010, 02:43 PM by Dani R Taufani
Filed under: ,

Comments

iqbal abdurahman wrote re: Membuat anak panah dengan menggunakan Word
on 02-07-2010 22:33

ternyata mudah banget toh... :))

avikaco wrote re: Membuat anak panah dengan menggunakan Word
on 02-08-2010 21:59

udah pakai photoshop aja! :D