Help users find what they need with Windows 7 Federated Search



Windows7Logo Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Windows 7 dengan adanya fitur pencarian yang ada pada start menu dan windows explorer. Peningkatan fitur pencarian yang tidak hanya dapat menampilkan title, nama file, nama folder, tetapi juga dapat melakukan peng-index-an pada content file. Lebih dari itu, Windows 7 memungkinkan user untuk mencari repositori dokumen, SharePoint site dan Web melalui tampilan Windows Explorer, jadi Anda tidak perlu membuka browser untuk mencari sesuatu di internet maupun sharepoint site.

Introduce

Windows 7 Federated Search menggunakan standar umum yang ada yakni teknologi OpenSearch. User dapat memilih situs mana yang mereka inginkan untuk mencari data. Hasil dari federated search akan disajikan dalam windows explorer layaknya lokal file, dengan rich view yang memungkinkan untuk melihat detail file dan preview.

Yang lebih menarik dari federated search adalah karena menggunakan OpenSearch, sudah banyak situs pencarian yang mendukungnya. Bahkan Microsoft mendukung untuk menciptakan federated search provider baru melalui penggunaan federated search connector, yang merupakan file XML sederhana.

Anda dapat mendownload sebuah dokumen yang menjelaskan bagaimana cara membangun basic web service yang memanfaatkan Windows 7 federated search dan search connector dari Microsoft. Berikut adalah contoh search connector pada Microsoft Live Search (Bing):

   1: <?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
   2: <OpenSearchDescription xmlns="http://a9.com/-/spec/opensearch/1.1/" xmlns:ms-ose="http://schemas.microsoft.com/opensearchext/2009/">
   3:  <ShortName>Live Search</ShortName>
   4:  <Description>Live Search</Description>
   5:  <Url type="application/rss+xml" template="http://search.live.com/results.aspx?q={searchTerms}&amp;count=50&amp;format=rss"/>
   6:  </OpenSearchDescription>

Simpan menjadi sebuah file XML bernama "Live Search.osdx" dan kemudian double klik file tersebut. Anda akan diminta untuk menambahkan search connector.

search connector

NOTE : Anda harus menggunakan ekstensi .osdx karena sudah terdaftar di Windows sebagai "open search description" file.

Setelah Anda menambahkan search connector, maka akan menciptakan sebuah search connector file dalam folder "Searches" (% userprofile% / Searches) dan pada shortcut file dalam folder "Links" (% userprofile% / Link) yang ada pada Favorites windows explorer.

Live Search

Dengan memilih "Live Search" dan mengetik keyword dalam kotak pencarian, maka keyword tersebut akan dikirim ke Live Search melalui OpenSearch provider. Berikut adalah contoh mencari keyword "dani taufani" pada live search:

Federated Search Windows 7

Tentunya kita juga masih bisa membuka hasil pencarian dengan fasilitas preview.

Result Federated Search

Conclusion

Secara keseluruhan, saya pikir kemampuan federated search pada Windows 7 akan sangat berguna dan digunakan bagi orang untuk mencari seatu data/file, khususnya kemudahan untuk membuka file yang ada pada internal server dan intranet portal sebagai OpenSearch provider.

“Follow me on twitter or subscribe to the my blog + RSS Feed for grab the latest update”

Posted Feb 15 2010, 11:11 PM by Dani R Taufani
Filed under: