Mengenal On Screen Keyboard

On Screen Keyboard adalah utility kecil yang pada awalnya diciptakan bagi mereka yang mengalami masalah secara fisik terutama yang berhubungan dengan ketidak sempurnaan fungsi motorik pada kedua tangan. Apa gunanya bagi kita? Kadang program ini dapat membantu disaat-saat darurat.

Sebagai gambaran, saya pribadi pernah mengalami keadaan dimana ada beberapa tombol keyboard yang agak ngaco akibat terlalu banyak digunakan untuk bermain Counterstrike sehingga kadang tidak mau kembali pada posisi sebelum ditekan dan ditambah parah dengan ketumpahan kopi Stick out tongue. Karena kasus ketumpahan itulah maka dilakukan operasi bedah keyboard real time Wink.

Tindakan awal saya adalah mencabut beberapa tombol keyboard dalam kondisi keyboard masih menancap pada CPU dan menyalakan hair dryer. CPU tetap saya biarkan menyala sambil memainkan koleksi MP3 dan melakukan download. Tiba-tiba telepon berdering dan ada seorang rekan yang meminta agar saya mengirim beberapa data dengan kategori penting genting bunting (VERY VERY URGENT) Indifferent. Alaamaaak, tombol keyboard masih berceceran dan rasanya di bagian dalam keyboard masih belum kering. Bijimane saya bisa menulis alamat email? Untung saja saya teringat pada aplikasi ini dan segeralah saya mencarinya.

Cara untuk mengaksesnya pun sangat mudah. Tekan tombol Start --> All Programs --> Accessories --> Accessibility --> On-Screen Keyboard.

Masalah pun terselesaikan tanpa harus panik dan gedabrugan. Yang perlu diingat program ini tidak didesain untuk menggantikan penggunaan keyboard secara intensif seperti untuk mengetik atau bermain game. Bila memang sudah rusak parah, belilah keyboard baru, jangan dipaksakan menggunakan program ini! Big Smile

PS: Sayangnya untuk XP program ini hanya bisa digunakan setelah melewati layar login.

Desktop with OSK

 Bila anda menggunakan layar sentuh, seringkali program ini juga dapat membantu anda dalam melakukan input karakter.

On Screen Keyboard

Published Thursday, September 11, 2008 1:59 PM by David Yacobus
Filed under: , ,
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems