dianmayasari

Kegunaan Windows Defender

image

Windows Defender adalah perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasiMicrosoft Windows dari spyware. Software ini adalah bagian dari Windows Vista dan dapat didownload secara gratis untuk Windows XP dan Windows Server 2003.

Windows Defender didasarkan pada GIANT AntiSpyware, yang mulanya dibuat oleh GIANT Company Software, Inc. Perusahaan ini dibeli oleh Microsoft pada 2004. Windows Defender memiliki fungsi system scanning dan Real-Time Security Agents yang memperhatikan beberapa bagian dari Windows untuk mengamati perubahan yang dilakukan oleh spyware. Pengguna dapat melaporkan spyware kepada Microsoft lewat SpyNet.

Defender dapat digabungkan dengan Internet Explorer sehingga semua berkas yang didownload secara otomatis discan. Selain itu, semua perangkat lunak dibagi menjadi tiga kategori, yaitu "Known", "Unknown", atau "Potentially Unwanted". Pengguna dapat memasukkan perangkat lunak dari kategori ketiga ke SpyNet untuk dianalisa oleh ahli. Dalam Windows Vista, Defender memblokir semua perangkat lunak startup yang membutuhkan izin administrator. Hal ini mempersulit perangkat lunak spyware untuk merusak sistem.

software ini akan secara otomatis aktif beriringan dengan komputer anda, kecuali anda memang mengaturnya lain, jadi sebenarnya dia akan berjalan secara background.

image

image

applikasi ini, layaknya aplikasi sekuritas lainnya, dia bisa di jalankan secara manual untuk melkukan scaning dan dia juga bisa melakukan otomatis proteksi, juga, ketika ada spyware yang mencoba beraksi, dan dia ada di dalam database defender, maka dia akan memperingatkan anda jika ada keanehan.Menu scaning juga tersedia lebih dari dua pilihan,

yang pertama, quick scan dan yang kedua full scan, dan adalagi full scan yang dimana pada menu custom scan ini anda bisa memilih antara quick atau full scan dan anda bisa juga memilih lokasi-lokasi tertentu di lokasi atau directory komputer anda
Menu settingan bisa anda akses di tools - Options, di menu itu, anda akan memilih untuk melakukan setting pada scaning, actions, protection, dan advance proteksis. Sepak terjang dari defender juga bisa di lacak, anda hanya perlu melihat di History, di situ anda akan melihat rentetan pekerjaan atau hasil pekerjaan dari aplikasi ini.

Windows defender, memiliki klasifikasi terhadap spyware2 yang ia temukan:

  1. Severe adalah program jahat yang berpotensi merusak system komputer anda
  2. High adalah program yang bisa mengubah settingan dan memata-matai anda
  3. Medium adalah program yang memata-matai anda, namun juga berguna bagi anda, dan biasanya anda dengan sadar menginstallnya ke komputer anda
  4. Low adalah program yang memata-matai dan merubah settingan, namun anda juga sadar jika program ini anda install dan anda pergunakan.


Seperti layaknya aplikasi sekuritas lain, anda juga perlu memeriksa database terbaru dari defender, namun biasanya, akan secara otomatis terupdate jika anda menjalankan secara otomatis windows update anda


Semoga bermanfaat,,Smile

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Defender