10 Menit Pertama Dengan Power Point 2010 (Beta)

Menyambung tulisan saya yang terdahulu, di http://mugi.or.id/blogs/elang/archive/2010/05/14/10-menit-awal-menggunakan-office-2010-profesional-plus-beta-version.aspx dimana saya menceritakan 10 menit pertama saya mencoba Office 2010, malam ini, saya ingin mencoba apa saja yang baru di PowerPoint 2010 (Beta 14.0.4536.1000).

Tampilan awalnya sih “sama saja” dengan semua saudaranya yang lain, tidak ada yang istimewa, jadi saya menjelajahi tab-demi-tab untuk menemukan sesuatu yang baru (goblok juga ya, mestinya klik help, ketikkan what new). Tapi biarlah.

PowerPoint Equation

Hei, ada yang baru dalam PowerPoint 2010! Saya menemukan tab Symbols dengan icon Equation. Mirip dengan Microsoft Word (Equation telah ada sejak Word 97). Ketika saya mencoba, maka benar-benar bisa menulis rumus dengan rapi dan mudah!

Caranya, dari tab Insert, pilih bagian Symbols. Lihat keduanya sudah saya tandai dengan lingkaran merah pada gambar dibawah untuk memudahkan

 

clip_image002

Para pengajar matematika serta berbagai kalangan yang berurusan dengan proses belajar mengajar akan menyukainya. Selama ini, PowerPoint selalu menjadi “anak tiri” dalam urusan menulis rumus.

Peningkatan Dalam Membuat Animasi

Jujur saja, saya termasuk orang yang malas dalam memakai animasi dalam presentasi PowerPoint saya kecuali terpaksa. Bukan apa-apa, malas bikinnya dan bikin besar file PowerPoint.

Microsoft agaknya mengerti “kemalasan” orang-orang macam saya he, he, he.....jadi ada peningkatan dalam membuat animasi.

Saya mencoba memasukkan sebuah SmartArt kedalam sebuah file PowerPoint 2010 dan kemudian klik tab Animations. Ada sebuah icon menarik pada bagian Animation yang disebut dengan Effect Options (Lihat gambar dibawah)

 

clip_image002[10]

Saya coba memasukkan efek Full Spin. Hasilnya? SmartArt saya benar-benar bisa berputar pada pusatnya 360 derajat penuh! Tanpa menggunakan script apalagi menulis kode VBA.

Broadcast Presentasi Sekarang Sudah Manjadi Standard

Kejutan belum berakhir dalam 10 menit ini terjadi ketika saya akan menyimpan file PowerPoint 2010 yang baru saja saya buat.

Iseng saya klik bagian Share dan saya menemukan tombol untuk Broadcast.

clip_image001

Fasilitas Broadcast memang sudah diperkenalkan sejak versi 2003, namun harus menggunakan Add-In. Namun Microsoft nampaknya menyadari bahwa yang namanya kerjasama alias Collaboration tidak terhindarkan dan mejadikan Broadcast sebagai fitur standar.

Kalangan pemasar, pengajar jarak jauh, dan semacam akan sangat *** dengan peningkatan ini.

Bikin Film Dengan PowerPoint 2010

Walah, saya jadi ingat dengan artikel saya terdahulu, http://mugi.or.id/blogs/elang/archive/2009/12/16/belajar-jadi-steven-spielberg-dengan-windows-dvd-maker.aspx ternyata Microsoft saat ini sudah lebih berbaik hati kepada pengguna office 2010.

KITA BISA MEREKAM PRESENTASI KITA DALAM BENTUK VIDEO!

Caranya ? Dari tab File, pilih Share, dan lihat pilihan Create a Video. Kita bisa memilih dengan format DVD atau format untuk media portable. Semua tersedia. Kita juga bisa menyisipkan suara dan narasi sendiri.

clip_image002[12]

Fantastis! Saya pikir tidak ada alasan untuk tidak berpindah dari PowerPoint lama anda ke PowerPoint 2010


Posted May 17 2010, 08:17 PM by Airlangga Bhumintara Amitaba
Filed under: ,

Comments

Twitter Trackbacks for 10 Menit Pertama Dengan Power Point 2010 (Beta) - Elang - Microsoft User Group Indonesia [mugi.or.id] on Topsy.com wrote Twitter Trackbacks for 10 Menit Pertama Dengan Power Point 2010 (Beta) - Elang - Microsoft User Group Indonesia [mugi.or.id] on Topsy.com
on 05-17-2010 22:12

Pingback from  Twitter Trackbacks for                 10 Menit Pertama Dengan Power Point 2010 (Beta) - Elang - Microsoft User Group Indonesia         [mugi.or.id]        on Topsy.com