Maintain Your MS Access Database and Application with Replication

Database Replication biasanya ditemui pada mata kuliah Distributed Database Management System (DDMS) dan jujur saja, saya TIDAK PERNAH mengambil mata kuliah tersebut pada zaman saya kuliah … :P

Tapi apa itu Database Replication dan bagaimana kita memanfaatkannya untuk memudahkan kita dalam menjalankan aplikasi dan database MS Access? Sebagai MS Access Fans kita sebaiknya mencoba untuk memanfaatkannya.

Database Replication (untuk selanjutnya disebut dengan DR saja) adalah sebuah proses untuk melakukan penyalinan (Copying) dan memelihara (maintenance) baik record dan semua object yang ada dalam database secara berkala.

Sekedar mengingatkan, bahwa dalam MS Access 2010, object database yang ada adalah : Tables, Queries, Forms, Reports, dan Modules

clip_image001

Artinya, jika ada object yang berubah, maka pada database yang sudah menjalai proses replikasi, juga akan ikut berubah.

Perbedaan Database Replication Dibandingkan Dengan Copy-Paste dan Import & Link

Bagi pemakai MS Access, terutama yang belum mengenal DR, sering menanyakan hal diatas kepada saya. Dimanakah perbedaannya? Apa keuntungannya mempergunakan DR? Bukankah selama ini untuk melakukan back-up dan memelihara object (jika ada perubahan) bisa memanfaatkan copy-paste atau Import & Link?

Perbedaan dari DR dengan dua metode diatas adalah, DR melakukan kedua hal tersebut secara otomatis tanpa perlu campur tangan secara manual lagi.

Bayangkan misalnya kita membuat sebuah form baru atau query baru, dan lupa melakukan import kepada database cadangan (back-up). Konyol bukan ?

DR akan melakukan hal berikut ini :

Melakukan Database Replication Pada MS Access 2010

Perlu diingatkan bahwa sebenarnya kemampuan DR ini bukanlah kemampuan baru pada MS Access, pada versi yang lebih lama, sebenarnya kemampuan DR sudah ditanamkan. Hanya saja lebih rumit. Pada MS Access 2010, tehnik DR lebih sederhana.

1. Pilih sembarang database MS Access 2010, sangat disarankan yang semua object ada. Mulai dari tabel sampai dengan Modules. Yakin pembaca punya, jika tidak, gunakan saja Northwind yang merupakan database contoh resmi untuk MS Access.

2. Kalau sudah, buat salinan (Copy) dari file tersebut kedalam sebuah folder khusus. Jadi jika ada kegagalan, masih ada yang “utuh”… J

3. Sekarang buka file MS Access yang sudah dibuat. Dan klik tab Database Tools, kemudian lihat ke kanan, pada kelompok Administer. Akan nampak tombol Replication Option

clip_image003

4. Lihat pada gambar diatas, untuk membuat Replica, klik tombol Replication Option, dan pilih Create Replica

5. Kita akan diminta untuk menentukan, dimanakah file replica akan ditempatkan. Silakan pilih salah satu folder (disarankan yang terpisah).

clip_image005

6. Proses dimulai, mungkin agak lama tergantung dari banyaknya data yang ada dan object yang ada

clip_image006

7. Jika berhasil, akan nampak pemberitahuan sebagai berikut

clip_image008

8. Bukalah file yang merupakan salinan dari proses Replication. Dan cobalah untuk menambah sebuah record

9. Record baru ditambahkan, namun ada keanehan, IDPegawai yang biasanya secara otomatis bertambah satu, sekarang pada record yang baru menjadi aneh. Mendapat angka 1309012090. Tidak mengapa, itu merupakan efek dari GUID (Globally Unique Identifier) yang dibuat oleh Jet Database Engine dari MS Access

clip_image010

Menggunakan Fasilitas Replication Option

Telah dijelaskan diatas, bahwa DR tidak hanya membuat sebuah salinan yang sama persis, namun juga menjaga agar semua object dan record dalam sebuah aplikasi database selalu sama persis.

Untuk mencoba bagaimana melakukannya, mari lakukan langkah berikut ini.

1. Klik pada Replication Option, dan pilih Synchronize Now…

clip_image011

2. MS Access akan meminta penegasan kita kemana database akan “Synchronize”. Tentukan yang benar, jangan sampai salah

clip_image012

3. Hasilnya ? Semua record akan di “Synchronize” tanpa ada kesulitan

Mudah bukan menerapkan DR pada MS Access 2010? Selamat mencoba dan semoag berhasil.


Posted May 05 2011, 12:07 AM by Airlangga Bhumintara Amitaba
Filed under: ,