What SharpDevelop Can Do – An Overview

Ok, sesuai janji saya pada tulisan yang lalu ( http://mugi.or.id/blogs/elang/archive/2011/10/05/sharpdevelop-an-introduction.aspx ) bahwa saya akan terus menulis mengenai hasil explorasi mengenai SharpDevelop… Smile

Langsung saja buka SharpDevelop ya…. Dan kemudian klik tombol New Solution

clip_image002

Terlihat pada bagian kiri, bahwa SharpDevelop mendukung cukup banyak pilihan bahasa, dan juga konsep-konsep semisal MVC pun didukung……bahkan terlihat juga dukungan terhadap F#...ini bagus sekali memandang bahwa SharpDevelop adalah gratis….

Berhubung saya memang aslinya orang VB..maka saya pada artikel terdahulu juga memilih komponen VB untuk dimasukkan….dan saya tengok, bahwa juga lengkap solusi yang ditawarkan untuk VB….baik dari console, Windows Service, Windows Application, ASP.NET MVC, bahkan Silverlight dan WPF.

clip_image004

Tidak hanya kelengkapan bahasa yang didukung serta konsep yang ditawarkan…..multi targeting pun tidak luput ditawarkan…..

clip_image005

Ok, sekarang saya akan mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana untuk Windows dengan C#, saya beri nama Coba.

clip_image007

Ok, sekarang kita lihat hasilnya :

clip_image009

Biasa saja, tidak ada kesulitan dalam memahami IDE ini….bagian Class ada dibagian kanan termasuk properties, terus Project Explorer dan Tools ada pada bagian kiri….di bagian utama tetap ada design dan source.

clip_image010

Menengok pada bgaian Tools, terlihat “miskin” dkibandingkan Visual Studio 2005 yang sudah ketinggalan zaman sekalipun…. Sad smile Tidak ada untuk Container ataupun Dialogs…..Sayang…padahal ini katanya SharpDeveloper versi terbaru…. Sad smile  Apakah kalau “disamakan betul dengan VS” bakalan kena masalah Hak Cipta ya…?????

Saya coba explorasi lebih jauh….hmmm….di bagian Component – pun tidak selengkap di VS…setahu saya, tidak ada Service Controller, Message Queue, Directory Entry….di bagian Windows Form pun sekilas juga tidak selengkap yang di Visual Studio….. Sad smile

clip_image012

Saya coba buat sebuah form (ya…sebenarnya sudah dibuatkan seperti di VS) dan menambahkan sebuah textbox, tombol dan label. Tidak ada yang susah…bahkan property-nya pun sama persis dengan di VS, tidak ada yang dikurangi nampaknya… Smile

clip_image014

Masukkan kode sederhana…..hmm…intellisense-nya tidak mengecewakan…..saya cukup ***….

clip_image016

Ok, berjalan baik….sip deh….

clip_image018

Ternyata kalau kita klik menu Project, ada menu untuk memperlihatkan Class Diagram….keren juga untuk barang gratisan…..ini bagus deh…. Smile  Lihat gambar dibawah ini….

clip_image020

Kemampuan Multi Language (mampu menampilkan tampilan antar muka dalam banyak bahasa) juga dimiliki oleh SharpDevelop….sayangnya Bahasa Indonesia belum ada… Sad smile  Klik Tools – Option

clip_image022

Kesimpulan : SharpDevelop layak menjadi pilihan lain selain Visual Studio Express untuk membuat aplikasi dalam platform .NET. Selain dukungan bahasa yang lebih luas (ada F#, Phyton, dll) juga mempunyai kemampuan Class Diagram dan multi-language.Bahkan Multi-Targeting Framework – pun sanggup disediakan….

Jika disetarakan, diatas antara VS 2005 dan dibawah VS 2008 deh…. Winking smile

Sekian dahulu artikel lanjutan saya ini…nantikan artikel saya yang lain…. Smile


Posted Oct 07 2011, 05:14 AM by Airlangga Bhumintara Amitaba
Filed under: , ,