Starting Office 365 – Exploring Office

Masih dalam rangkaian artikel saya mengenai Office 365, setelah sebelumnya saya mengulas sekilas mengenai OWA (http://mugi.or.id/blogs/elang/archive/2011/12/24/starting-office-365-an-introduction-to-owa-outlook-web-access.aspx ), maka sekarang saya akan membahas mengenai aplikasi Office lainnya yang tersedia pada Office 365.

Seperti terlihat pada www.office365.co.id, setelah kita login, maka akan nampak aplikasi office tersedia dibagian bawah (lihat pada gambar dibawah)

clip_image002

Ok, sekarang kita coba untuk membuat sebuah dokumen Office, tepatnya kita coba aplikasi MS Word yang ada. Jadi arahkan kursor ke huruf W khas MS Word dan klik untuk menjalankannya.

Akan nampak seperti gambar dibawah. Dan kita harus memberi nama terlebih dahulu. Saya namakan Arjosari.docx karena saat saya menulis artikel ini baru saja datang di Terminal Arjosari - Malang

clip_image004

Kemudian akan nampak sebuah aplikasi MS Word sbb :

clip_image006

Iseng saya bandingkan dengan Word WebApp yang ada pada Office WebApp pada Windows Live.com

clip_image008

Hasilnya? Nampaknya tidak ada bedanya antara MS Word yang ada pada Windows Live.com dengan yang ada pada Office365.

Kalau kita lihat penyimpanan yang ada di Office365.co.id juga tidak banyak perbedaan dengan SkyDrive. Mungkin yang membedakan adalah sudah dimotori dengan SharePoint Server. Nampak sekali gaya SharePoint disini.

clip_image010

Dan memang benar, kalau kita klik menu Team Site pada pojok kiri atas nampak Powered by SharePoint. Benar-benar menyenangkan sekali, bisa memanfaatkan kemampuan SharePoint dengan biaya yang terjangkau J

clip_image012

Kesimpulan saya, bahwa Office 365 benar-benar membuktikan janjinya untuk menyediakan layanan SharePoint bagi para UKM (Small Business) dengan biaya yang terjangkau.

Office yang ada pun saya nilai “bertenaga” sama seperti yang tersedia pada layanan Live.com. Sekali lagi tidak ada alasan untuk tidak mencoba Office 365 mulai saat ini.


Posted Dec 24 2011, 04:44 PM by Airlangga Bhumintara Amitaba

Comments

mien_handry wrote re: Starting Office 365 – Exploring Office
on 02-11-2012 10:51

secara sederhana, dalam small bisnis praktekx seperti pa mas elang ?