Using Many Time Format in MS Access

Secara pribadi, saya mempunyai perasaan khusus dengan tulisan kali ini. Maklum baru pertama kali menjadi MVP Access pada 1 April 2012 kemarin, he, he, he..... dan kebetulan beberapa hari terakhir ini di mailing-list yang saya ikuti tentang MS Access sibuk membahas mengenai waktu dan jam.

Memang saya akui, pengalaman saya, baik dengan MS Access maupun dengan SQL Server, masalah perhitungan waktu bisa menjadi cukup rumit. Apalagi jika sudah berbeda hari.

Ok, namun kali ini saya akan mencoba menulis dahulu mengenai format waktu dan tanggal dalam MS Access.

Secara garis besar, dalam MS Access, sejak MS Access 97 jika kita membutuhkan untuk menyimpan data yang berhubungan dengan tanggal dan jam Data Type yang digunakan adalah Date/Time.

Jadi sekarang kita buat sebuah tabel dengan nama Jadwal dengan susunan sbb :

clip_image002

Dimana tiap kolom (field) memanfaatkan format sbb :

Field Name

Data Type

Format

IDJadwal

Autonumber

 

Mulai

Date/Time

General Date

JamA

Date/Time

Long Time

JamB

Date/Time

Short Time

Bagian Format ada pada tab General dibagian bawah dan nampak tiap kali kolom tersebut dipilih. Mudahnya lihat gambar dibawah.

clip_image003

Jika sudah, isikan data untuk kolom Mulai dan JamA dimana lengkap tanggal dan jam hingga ke detiknya seperti nampak pada gambar dibawah ini (perhatikan yang dilingkari dengan tanda hijau)

Untuk menambahkan jam hingga ke detiknya, pembaca harus menambahkan secara manual. Tidak bisa secara otomatis melalui pop-up calendar yang ada.

clip_image004

Sekarang arahkan kursor ke kolom IDJadwal dan akan nampak bahwa dengan format General Date (kolom Mulai) tetap menampilkan tanggal dan jam secara teliti.

Sedangkan pada kolom JamA yang menggunakan format Long Date hanya menampilkan jam-nya saja. Tanggalnya tidak nampak.

clip_image005

Beralih ke kolom JamB. Disana kita coba isikan *** tanggal lengkap dengan jam seperti dua kolom lainnya.

clip_image006

Hasilnya, dengan format Short Time hanya akan menampilkan Jam saja, namun tidak lengkap dengan detiknya. Hanya jam dan menitnya saja.

clip_image007

Sekian dahulu tulisan saya mengenai format tanggal dan jam pada MS Access 2010 (dan bisa juga diterapkan pada versi lainnya). Saya akan menulis dan membahas lebih jauh mengenai waktu di tulisan lain.


Posted Apr 05 2012, 02:11 AM by Airlangga Bhumintara Amitaba

Comments

Tutang wrote re: Using Many Time Format in MS Access
on 04-11-2012 13:22

Weis yang udah MVP rajin ngeblog, hehehe. Sukses deh Bos. Kapan-kapan saya mampir ke jalan kegintang ya, mau makan rujak cingur yang enak.