Microsoft User Group Indonesia

WIndows 8 Release

Henry Simarmata LittleBoy

Syndication

News

  • Datang Kembali Ya.... :)

Archives

Blog Archive List

 

Sekedar Informasi, Microsoft akhirnya memberi kepastian bahwa sistem operasi Windows 8 akan tersedia mulai 26 Oktober 2012. Hal itu diungkapkan Microsoft pada Rabu (18/7/2012) waktu setempat.


Pengumuman ini berarti pada tanggal tersebut konsumen seharusnya sudah bisa membeli upgrade ke Windows 8 atau Windows 8 Pro. Upgrade itu akan tersedia dalam bentuk kepingan retail ataupun melalui unduhan di internet.

Selain itu, pengguna akan bisa mendapatkan Windows 8 saat membeli perangkat komputer baru, seperti laptop dan lainnya dari produsen yang menggunakan Windows 8.

Windows 8 disebut-sebut sebagai pertaruhan besar berikutnya bagi Microsoft. Sistem operasi ini mulai memperkenalkan interface Metro yang memiliki konsep jauh berbeda dari interface Windows sebelumnya.

Selain Windows 8 untuk perangkat komputer pada umumnya (arsitektur x86 ala Intel dan AMD), Microsoft juga menyiapkan Windows untuk arsitektur ARM. Windows RT, nama sistem operasi itu, dioptimalkan untuk penggunaan di komputer tablet.

Sistem operasi Microsoft Windows biasanya tersedia dalam beberapa versi seperti "Basic", "Professional", atau "Ultimate" yang bisa dibeli dalam bentuk DVD retail full-box.

Di masa depan kemungkinan hal tersebut tak akan berlaku lagi karena Microsoft berencana untuk merampingkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, dengan hanya menyediakan pilihan versi terbatas.

Seperti dilansir oleh The Verge dari Insideris.com, saat dirilis pada Oktober nanti, Windows 8  dikabarkan tak akan tersedia dalam paket retail full-box, melainkan berupa DVD upgrade dan "System Builder Kit".

Apa bedanya? DVD retail full-box merupakan paket sistem operasi utuh yang bisa dipasang pengguna pada komputernya, baik baru maupun lama. Sedangkan versi updgrade mensyaratkan adanya sistem operasi sebelumnya.

Paket DVD Windows 8 upgrade ditujukan bagi pengguna Windows versi sebelumnya yang ingin mencicipi sistem operasi baru tersebut, sementara paket System Builder Kit tak lain merupakan paket OEM Windows 8  yang dimaksudkan untuk perakit PC yang ingin melakukan clean-install Windows.

Selama ini, tak seperti paket retail full-box, paket OEM datang tanpa dukungan support via e-mail dan telepon dalam jangka waktu 90 hari setelah aktivasi. Harganya juga lebih murah.

Menurut pemasok notebook di Taiwan, yang dikutip oleh Digitimes, harga resmi lisensi Windows 8 sebesar 60-80 dollar AS (sekitar Rp 560.000-Rp 758.000).

Sementara harga lisensi Windows 8 Pro (dengan Office) sebesar 80-100 dollar AS (sekitar Rp 758.000-Rp 948.000) dan Windows RT (dengan Office) sebesar 50-65 dollar AS (sekitar Rp 474.000-Rp 616.000).

Sebagai perbandingan,  paket full-box (retail) Windows 7 Professional dibanderol seharga 299 dollar AS, sementara paket OEM Windows 7 Professional cukup ditebus dengan 134 dollar AS.

Harga paket OEM Windows 8 masih belum diketahui, tetapi harga paket upgrade DVD disinyalir berkisar di angka 40 dollar AS.

Windows 8 hanya terdiri atas 2 versi: Windows 8 dan Windows 8 Pro. Selain melalui DVD, pengguna  Windows XP, Vista, dan 7 dapat melakukan upgrade ke Windows 8 Pro lewat Internet.

 

 


Posted Oct 25 2012, 04:26 PM by Henry Simarmata
mugi (2012)
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems