Microsoft User Group Indonesia

Membuat Dokumen DFD Sederhana Menggunakan Microsoft Office Visio 2007

Microsoft Office Visio 2007  memberrikan kemudahan kepada kita untuk tahap desain membangun sebuah software atau lainnya.banyak sekali tools yang di sediakan oleh microsoft office visio 2007 untuk mendesain sebuah alur dengan keperluan build something..

kali ini akan mencoba untuk membuat Data Flow Diagram (DFD) dengan memanfaatkan ms. visio 2007. hal ini terinspirasi saat mengutak atik ms visio 2007 untuk menyelesaikan tugas salah satu mata kuliah sistem basis data yang menugaskan untuk merancang sebuah DFD.

untuk langkah awal instal terlebih dahulu ms. visio 2007 dengan mendownloadnya atau sudah tersedia satu paket dalam microsoft office 2007..:D

buka program ms. visio 2007

vs1

Seperti ini lah tampilan keren visio..:D

vs2

 

untuk memulai membuat dokumen baru DFD ada 2 cara. yang pertama klik file >> new >> flowchart >> Data Flow Diagram (US units) 

vs3

cara kedua  bisa langsung dengan mengklik menu di sebelah kiri yang bertuliskan flowchart >> kemudian pilih Data Flow Diagram  >> pilih radio button US units >> lalu klik create seperti gambar di bawah.

vs4

 

setelah itu tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini

vs5

untuk mempercantik kertas kerja di atas , kita bisa sisipkan background..sample kali ini akan coba memakai background peta dunia dengan mengklik pilihan  Background US units

dan pilih icon background world dan drag and drop ke tengah kertas garis-garis kotak di atas seperti gambar di bawah ini

vs6

 

vs7 

 

vs8

 

tampilannya jadi lebih keren bukan? :D
ada peta dunia berwarna silver di dalemnya..

next saatnya memulai untuk membuat DFD. pilih Data Flow Diagram shapes (US units) maka akan muncul macam-macam shape di dalamnya.

vs9

untuk sample kali ini dapat memanfaatkan 3 shape, yaitu lingkaran, kotak dan garis melengkung..

ms10

kembali ke project..drag and drop shape Data Process ke kertas kerja yang berlatar peta dunia tadi..:D

vs11  

untuk menyisipkan teks dalam lingkatan data proses bisa mengklik icon di bawah ini :

vs12

 

vs13

setelah icon teks di klik maka bisa mulai menulis contoh tulisan dalam sample ini “menerima order” (tanpa tanda petik). walaupun saat menulis tampilan lingkaran tadi menjadi kotak tapi setelah mengklik icon di bawah ini  (pointer tool) maka akan berbentuk lingkaran lagi

vs14

vs15

dengan cara yang sama, yakni drag and drop maka kita akan bisa membuat DFD seperti di bawah ini :

vs16

 

 

vs17

 

vs18

 

vs19

kurang lebih sample yang di buat seperti di atas.. dibutuhkan kesabaran untuk merancang alur-alur yang menghubungkan antara masing-masing proses..:)

semoga dapat membantu dan dapat lebih luas lagi menggali dan mendalami Microsoft Office Visio 2007.

salam khatulistiwa_


Posted Mar 21 2012, 10:43 AM by Irfan Riady
mugi (2012)
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems