Get followers Windows 7 : AppLocker Untuk Menjaga Aplikasi Anda Dari Malware - Kisman A. Arsyad

Kisman A. Arsyad

. just nano .

Windows 7 : AppLocker Untuk Menjaga Aplikasi Anda Dari Malware

Sebelum kita masuk ke AppLocker, hendaknya kita ngerti dulu tentang apa itu Malware!. Malware atau Malicious Software adalah sebuah program komputer yang dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem tak terkecuali pada Operating System Windows kita.

AppLocker adalah salah satu fitur keamanan pada Windows 7 Selain BitLocker yang dapat memproteksi drive laptop kita dan juga dapat dipasangkan pada External Drive/USB Drive/Flashdisk. Aplikasi ini dapat bermanfaat sebagai aplikasi kontrol untuk mencegah peng-eksekusian aplikasi yang tidak berlisensi/tidak diinginkan.

Untuk menggunakan AppLocker kita dapat langsung mengetikkan “gpedit.msc” pada Run.

image

Lalu ketika tampak kotak dialog silahkan memilih pada pilihan tree : Computer Configuration/Windows Setting/Security Setting/Application Control Policies/AppLocker/.

image

Klik pada tree AppLocker, lalu pilih Executable Rules, pada kotak dialog sebelah kanan, klik kanan pada mouse anda lalu klik Create New Rule.

image

Setelah kotak dialog “Create Executable Rules” tampak, silahkan klik “Permissions”.

image

Disini anda berada pada tahap siapa yang hendak anda izinkan atau tidak untuk beraktivitas pada mesin anda. Beri centang pada “Allow” lalu klik “Select”.

image

Untuk meminimalisir kesalahan apabila saya menentukan user, saya meng-klik tombol “Advanced”. Setelah tampak kotak dialog, silahkan klik “Find Now”. Lalu akan tampak seperti gambar dibawah, saya memilih Name (RDN) “Kisman A. Arsyad”.

image

Lalu klik “OK”.

image

Lalu klik “OK” sekali lagi. Dan akan kembali ke menu awal. Silahkan klik “Next”.

image

image

Ada 3 (tiga) pilihan, apakah anda memilih sebagai Publisher (akan akan meng-cek apakah licensednya resmi dari Microsoft atau kompatibel dengan windows system anda) , Path (akan mem-protect user yang akan menjalankan sebuah aplikasi pada path/lokasi tertentu pada drive anda), atau File Hash (apabila anda mengizinkan user menggunakan aplikasi yang tidak berlisensi). Saya akan memilih Publisher untuk mengizinkan user “Kisman A. Arsyad” untuk dapat mengsintall software apapun yang berlicense dari Microsoft Corporation. Lalu klik “Next”.

image

Silahkan klik tombol “Browse”, lalu arahkan ke file .exe aplikasi yang anda izinkan menggunakan license dari Microsoft Corporation atau yang kompatibel, saya memilih Windows Live Writer.

image

Klik “Open”.

image

Pada gambar diatas, jangan lupa untuk menggeser slider pada posisi Publisher. Klik “Next”.

image

Layar diatas akan memberikan anda pilihan lagi, apakah anda akan memberikan pengecualian pada User “Kisman A. Arsyad” lagi. Apabila tidak, silahkan klik “Next”. Atau langsung klik “Create”.

Saya tidak menambahkan pengecualian pada user, saya akan langsung mengklik “Create”.

Akan tampak kotak dialog seperti gambar dibawah.

image

Kotak dialog diatas mengingatkan anda bahwa dalam default rules  yang anda buat dapat dijadikan sebagai default pada system anda. Saya akan menjadikannya sebagai default rules, lalu klik “Yes”. Lalu akan tampak seperti gambar dibawah. Ini juga bertanda bahwa rulse yang anda buat telah selesai.

image

Nah saat ini, AppLocker telah aktif pada aplikasi Windows Live Writer anda, dan menandakan Windows Live Writer anda telah aman. System akan mendeteksi apakah ada Malware ketika anda menginstall atau menambahkan Plug In pada Windows Live Writer anda.

Selamat mencoba fitur Keamanan Windows 7 ini. Done!.

Comments

Windows 7 : Step By Step Instalasi BitLocker Pada External Drive (USB Drive/FlashDisk) Untuk Mengamankan Data - Kisman A. Arsyad said:

Pingback from  Windows 7 : Step By Step Instalasi BitLocker Pada External Drive (USB Drive/FlashDisk) Untuk Mengamankan Data - Kisman A. Arsyad

# January 15, 2010 9:12 AM

Kisman A. Arsyad said:

Sebagai pengguna Windows 7 yang notabene masih belum lama, penting juga untuk men-share tulisan-tulisan

# January 19, 2010 1:02 PM