Get followers Mengenal .Net Framework - Kisman A. Arsyad

Kisman A. Arsyad

. just nano .

Mengenal .Net Framework

mic_dotnetBeberapa waktu yang lalu, ada seorang teman yang menanyakan apa yang dimaksud dengan .Net Framework (NFW)? dan mengapa sebagai pengguna OS Windows sering mendapatkan update mengenai .Net Framework tersebut ketika hendak menginstall software tertentu.

Mungkin penjelasan singkat pada tulisan ini dapat memberikan sedikit pemahaman tentang .NFW tersebut.

.NFW adalah sebuah kerangka pemrograman yang dibuat oleh Microsoft yang dapat digunakan dan memudahkan para pengembang/developer ketika hendak membuat sebuah aplikasi.

.NFW umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem.

Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, program yang ditulis dengan memanfaatkan .NFW berjalan pada lingkungan perangkat lunak melalui Common Language Runtime/CLR, dan bukan perangkat keras secara langsung. Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET secara teoritis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NFW. Perangkat lunak ini adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

Common Language Runtime (disingkat menjadi CLR) adalah komponen mesin virtual yang terdapat di dalam Microsoft .NET, yang merupakan implementasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap standar Common Language Infrastructure (CLI), yang mendefinisikan inferastruktur umum (common) untuk lingkungan pengeksekusian kode-kode dalam berbagai bahasa pemrograman. CLR menjalankan sebuah bentuk bytecode yang disebut dengan Microsoft Intermediate Language (MSIL), yang merupakan implementasi Microsoft terhadap Common Intermediate Language (CIL).

Pada dasarnya, .NFW memiliki 2 komponen utama: CLR dan .NET Framework Class Library. Program - program yang ditulis untuk .NFW dijalankan pada suatu lingkungan software yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment ini, yang juga merupakan suatu bagian dari .NFW, dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR). CLR menyediakan penampilan dari application virtual machine, sehingga para programmer tidak perlu mengetahui kemampuan CPU tertentu yang akan menjalankan program. CLR juga menyediakan layanan-layanan penting lainnya seperti jaminan keamanan, pengaturan memori, garbage collection dan exception handling / penanganan kesalahan pada saat runtime. Class library dan CLR ini merupakan komponen inti dari .NFW. Kerangka kerja itu pun dibuat sedemikian rupa agar para programmer dapat mengembangkan program komputer dengan jauh lebih mudah, dan juga untuk mengurangi kerawanan aplikasi dan juga komputer dari beberapa ancaman keamanan.

dotnet-framework

Microsoft memulai pengembangan .NFW di akhir 1990 dengan nama awal Next Generation Windows Services (NGWS). Pada akhir 2000 versi beta .NET 1.0 dirilis Versi 3.0 dari .NFW disertakan di Windows Server 2008 dan Windows Vista. Version 3.5 disertakan di Windows 7, dan bisa juga diinstall di Windows XP maupun Windows Server 2003. Pada 12 April 2010 .NFW 4 dirilis bersamaan dengan applikasi Visual Studio 2010.

.NFW terdiri dari dua versi yaitu mobile dan embedded. Versi mini dari framework .NET Compact Framework, tersedia untuk platform smartphone khususnya Windows CE dan Windows Mobile. .NET Micro Framework lebih ditargetkan untuk device yang membutuhkan kinerja tinggi.

image

Untuk mendownload .Net Framework dapat ke : http://www.microsoft.com/net/download

Untuk melihat versi .Net Framework yang terinstal di mesin anda dapat melihat di Control Panel\All Control Panel Items\Programs and Features

image

Terkadang juga muncul update yang mengatakan bahwa anda harus menginstal .Net Framework 3.5.1, hal tersebut dapat langsung kita ‘enabled’ kan pada menu Turn Windows Features On or Off. Atau dapat ‘Add Role Services’ apabila menggunakan Windows Server 2008 R2.

image

Sumber : Wikipedia & http://www.microsoft.com/net