XNA, VB.NET, business intelligence, data mining, excel, sql server May 2010 - Posts - Luki Ishwara's journal

May 2010 - Posts

Cara Import Data dari File Excel ke Power Pivot Window

Bagaimana cara import data dari file Excel ke Power Pivot Window supaya dapat di olah?

langkahnya sangat mudah, silakan ikuti step by step ini:

Langkah1

Bukalah Microsoft Excel 2010 anda

Step 1- Import from excel

 

Langkah 2

Setelah Spreadsheet Microsoft Excel terbuka, click tab Power Pivot

Step 2- Import from excel

Langkah 3

Setelah Tab Power Pivot terbuka, Click Button Power Pivot Window yang berada paling kiri

Step 3- Import from excel

Langkah 4

Power Pivot Window akan mempersiapkan environmentnya, silakan tunggu, tidak akan lama.

Step 4- Import from excel

Langkah 5

Click Button From Files, dan pilih Menu From Excel

Step 5- Import from excel

Langkah 6

Pilih file excel yang akan anda gunakan untuk mengisi data di Power Pivot Window, dalam contoh ini saya akan memilih file terkirim.xlsx Kemudian click button Open

Step 6- Import from excel

Langkah 7

Centang checkbox dimana Sheet anda berisi data-data yang akan diimport ke power pivot. dalam contoh ini saya sudah memberi nama worksheet saya dengan nama terkirim, saya centang checkboxnya, kemudian saya click tombol Preview and filter karena saya tidak akan mengambil seluruh data disana, hanya data-data tertentu yang akan saya ambil.

Step 7- Import from excel

Langkah 8

Window baru akan muncul, saya akan menghilangkan data NoFaktur dan OutletTujuan karena saya tidak membutuhkannya. cara menghilangkannya sangat mudah, click checkbox yang ada di sebelah judul kolom sehingga checkboxnya menjadi kotak kosong.

Step 8- Import from excel

Setelah checkbox di click, tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini. ok, kita lanjutkan dengan mengklik tombol OK

Step 9- Import from excel

Langkah 9

Power pivot akan melakukan import data, prosesnya sangat cepat :), setelah selesai, click tombol Close

Step 10- Import from excel

Langkah 10

Dan anda dapat lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.

Step 11- Import from excel

 

postingan berikutnya saya akan paralel memposting bagaimana cara mengimport data dari source lain dan bagaimana cara memberikan relationship pada data-data yang berhasil kita import.

Semoga Berguna :).

Posted by Luki Ishwara | 1 comment(s)
Filed under: ,

Cara Instalasi Power Pivot

Langkah 1.

Pastikan anda telah menginstallkan Microsoft Office 2010 pada komputer anda, kemudian Download Power Pivot di link ini : http://www.powerpivot.com/download.aspx

Pilih sesuai dengan versi Microsoft Office anda, apabila anda menggunakan Microsoft Office 2010 32 Bit, maka downloadlah Power Pivot for Excel 32 Bit, begitu juga sebaliknya, apabila anda menggunakan Microsoft Office 64 Bit, maka downloadlah Power Pivot for Excel  64 bit.

 Download Power Pivot

Langkah 2.

Silakan running file yang telah anda download, kemudian click tombol next.

cara install power pivot 1

 

Langkah 3

Baca License Agreementnya apabila berminat :)

kemudian click radio button “I accept the term in the license agreement”

Kemudian click tombol next

cara install power pivot 2

 

 

 

Langkah 4

Apabila anda siap untuk menginstall power pivot plugin ini, click tombol Install

cara install power pivot 4

 

Langkah 5

Proses Instalasi dimulai

cara install power pivot 5

Tunggu sampai Selesai

cara install power pivot 6

 

Langkah 6

Proses Installasi Selesai, kemudian click tombol Finish

cara install power pivot 7

 

Langkah 7

Buka Microsoft Excel 2010 anda.

cara install power pivot 8 

Excel 2010 melakukan loading terhadap plugin power pivot

cara install power pivot 9

apabila terdapat peringatan seperti ini, click tombol Install

cara install power pivot 10

Tab baru berjudul PowerPivot akan Muncul

cara install power pivot 11

Power Pivot Telah Siap digunakan

cara install power pivot 12

Tampilan Window Pada Power Pivot

cara install power pivot 13

 

Pada blog berikutnya saya akan menuliskan bagaimana cara mengimport data dari beberapa sumber.

 

Semoga Berguna :)

Pengenalan Power Pivot for Excel

powerpivot_2 Power pivot for Excel adalah sebuah add-in SQL Server 2008 R2 analysis service yang ditambahkan ke Microsoft Excel Sehingga Microsoft Excel dapat memiliki kemampuan untuk melakukan proses Business Intelligence dengan lebih mudah dan cepat, Power Pivot for Excel sangat berguna untuk melakukan analisa data-data pada perusahaan anda.

Mungkin anda termasuk salah satu dari orang-orang yang memiliki masalah terhadap bentuk atau format file data yang Tersedia; misalnya:

  • Data Penjualan (Sales) berada didalam format file .XLSX / Microsoft Excel
  • Data Master Barang ada dalam format .MDB / Microsoft Access, dan
  • Data pengiriman (shipping) ada di dalam database SQL Server.

Kemudian anda hanya memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel, tapi anda ingin meringkas seluruh data yang ada kedalam satu laporan jadi yang dapat dibaca dengan mudah. Nah, Power Pivot for Excel ini adalah solusi untuk anda supaya kerumitan proses tersebut tidak akan anda alami.

Melakukan Process Business Intellgence dengan menggunakan power pivot for excel akan menjadi mudah, tidak serumit yang dibayangkan (dengaan catatan tentunya anda juga harus menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Excel terlebih dahulu).

Versi Microsoft Excel yang digunakan

OK, Untuk menggunakan PowerPivot for Excel, saya harus menggunakan Microsoft Excel versi berapa? anda dapat menggunakan Microsoft Excel 2010 edisi 32 bit ataupun edisi 64 bit.

Bagaimana dengan Microsoft Excel 2007? Microsoft Excel 2007 dapat digunakan untuk membuka workbook power pivot dan membuat perubahan style dan format (misalnya warna font, dan ukuran font), tapi anda tidak dapat menggunakan Microsoft Excel 2007 untuk berinteraksi dengan Pivot Table atau Pivot Chart, ataupun mengubah data yang mendasarinya.

Window Power Pivot

Power pivot for Excel memiliki window tersendiri untuk manambahkan dan mempersiapkan data, tapi tidak terpisah dengan Microsoft Excel, melainkan tetap masih didalam lingkungan kerja Microsoft Excel.

1. Area Power Pivot

Window Power Pivot mirip dengan Microsoft Excel, termasuk didalamnya terdapat sebuah Wizard yang dapat anda gunakan untuk meng-import dataset dalam skala besar dari berbagai macam sumber, sumber data dapat bersumber dari:

  • Corporate database di dalam jaringan komputer perusahaan
  • Public data pada web, ataupun
  • Data lokal yang tersedia di dalam komputer anda

Window pada Power Pivot

Window Pada Power Pivot for Excel

3. Import Data from database

Power Pivot Dapat mengambil data via Database, seperti Microsoft SQL Server, Microsoft Access, Analysis Service dan Power Pivot, ataupun dari sumber lain. Database yang didukung untuk bisa di import ke power pivot adalah sebagai berikut:

Sumber

Versi

Tipe File

Provider

Microsoft Access

Microsoft Access 2003, 2007, 2010.

.accdb atau .mdb

ACE 14 OLE DB provider

SQL Server relational databases

Microsoft SQL Server2005, 2008, 2008 R2.

.mdf and .ldf

- OLE DB Provider for SQL Server

- SQL Server Native Client OLE DB Provider

- SQL Server Native 10.0 Client OLE DB Provider

- .NET Framework Data Provider for SQL Client

Oracle relational databases

Oracle 9i, 10g, 11g.

.db

- .NET Framework Data Provider for Oracle Client

- .NET Framework Data Provider for SQL Server

- MSDAORA OLE DB provider

- OraOLEDB

- MSDASQL

Teradata relational databases

Teradata V2R6, V12

 

- TDOLEDB OLE DB provider

- .Net Data Provider for Teradata

Informix relational databases

   

Informix OLE DB provider

IBM DB2 relational databases

8.1

.db2

DB2OLEDB

Sybase relational databases

 

.db

Sybase OLE DB provider

4. Import data from Files

Power Pivot juga memiliki kemampuan untuk melakukan import dari file, seperti file teks dan File Excel. Format file yang didukung oleh power pivot adalah sebagai berikut:

Sumber

Versi

Tipe File

Provider

Text files

 

.txt, .tab, .csv

ACE 14 OLE DB provider for Microsoft Access

Microsoft Excel files

Excel 97-2003, 2007, 2010

.xlsx, xlsm, .xlsb, .xltx, .xltm

ACE 14 OLE DB provider

5. Import data from Feeds

Power Pivot juga mampu untuk melakukan import dari SQL Server Reporting Services, dan Feeds yang lain, dukungan sumber data tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Sumber

Versi

Tipe File

Provider

Analysis Services cube

Microsoft SQL Server 2005, 2008, 2008 R2 Analysis Services

ASOLEDB 10

Data feeds

(used to import data from Reporting Services reports, Atom service documents, and single data feed)

Atom 1.0 format

Microsoft SQL Server 2005, 2008, 2008, 2008 R2 Reporting Services report

.atomsvc for a service document that defines one or more feeds

.atom for an Atom web feed document

(none)

 

Pada tampilannya, data yang di impor kedalam power pivot window akan ditampilkan sebagai dalam bentuk tabel, dan power pivot akan mengatur tabel-tabel tersebut dalam bentuk tab, pengaturan tata letak ini mirip dengan Microsoft Excel, sehingga akan familiar bagi pengguna Microsoft Excel, mari kita lihat kesamaannya pada gambar dibawah ini:

6. Tabbed Layout

Tabbed layout pada Workbook Power Pivot

7.-Tabbed-Layout-Excel

Tabbed Layout pada Microsoft Excel

Ok, Berikutnya saya akan menuliskan bagaimana cara menginstallkan power pivot, dan cara menggunakannya pada kasus yang terdapat di dunia nyata (berdasarkan pengalaman saya di dunia retail).

Sumber untuk mempelajari power pivot lebih lanjut dapat anda browse pada:

 

Semoga bermanfaat.

Fitur Trace Precedents pada Excel

Pernahkah anda dipusingkan oleh rumus pada Microsoft Excel yang saling bertautan di banyak cell?

Apabila anda ingin melakukan audit terhadap rumus itu, bagaimana caranya supaya mudah dan cepat melihat cell mana saja yang terlibat didalam rumus itu?

Ok, saya akan coba untuk membahas salah satu fitur yang bagus tapi setahu saya jarang digunakan para penggunanya..:)

Fitur ini bernama Trace Precedents, fitur ini ada di tab Formulas dan di bagian Formula Auditing (anda bisa lihat dalam gambar dibawah ini)

Bagaimana Cara Menggunakannya? Mudah Sekali, saya beri contoh dengan data dibawah ini (data nya simple saja, kalau malas ngetik boleh download disini)

nah saya ingin mengetahui cell mana saja yang terlibat didalam nilai yang berada di kolom "total"  (cell I4 sampai dengan cell I11).

Caranya sangat mudah, coba anda arahkan pointer ke (misalnya) cell I11, kira-kira mana ya cell yang terlibat sehingga muncul angka sejumlah Rp. 179.800,00 ?

kemudian coba anda click tab Formulas, kemudian klik Trace Precedents

anda akan melihat ada panah berwarna biru (dari cell E11 )  menunjuk kepada cell I11, coba anda perhatikan cell E11 dan H11, ada tanda titik di panah tersebut. itu menunjukkan bahwa kedua cell tersebut berpengaruh terhadap nilai yang ada di cell I11.

Sekarang kita tahu asal dari nilai yang terdapat di dalam Cell I11 adalah perhitungan dari cell E11 dan H11.

Trace precedent ini sangat berguna apabila kita memiliki banyak rumus yang saling bertautan.. mungkin dengan contoh ini terlihat sederhana dan terlihat tidak terlalu membantu, tapi ketika anda menghadapi sebuah worksheet yang luar biasa rumit  dan perlu melakukan auditing rumus, Trace Precedent ini sangat berguna sekali :).

Semoga Berguna

Posted by Luki Ishwara | 1 comment(s)
Filed under:

Slicer pada Pivot Table Microsoft Excel 2010

Fitur baru yang ada di Excel 2010 adalah Slicer, Slicer sangat berguna untuk menyaring data yang ada pada pivot table.

Bentuk dari Slicer adalah tombol, tombol ini dengan cepat dapat melakukan segmentasi data yang ada di pivot table anda, menampilkan hanya yang ingin anda lihat.

Oke, tidak perlu banyak basa-basi lagi, mari kita coba praktekkan kekuatan dari slicer ini :)

Pada postingan saya sebelumnya, saya sudah membahas bagaimana cara membangun sebuah pivot table, file latihan dari slicer ini bisa anda download disini.

Coba buka file latihan, kemudian click badan pivot table tersebut,

 Setelah itu click tombol Slicer yang ada pada ribbon bar di atas.

 Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi daftar dari field-field yang dapat anda pilih, dalam hal ini saya coba untuk memilih field "Kategori"

 setelah anda click field "Kategori" kemudian click tombol OK, maka jendela baru berisi isi dari field Kategori akan muncul, anda bisa lihat pada gambar dibawah ini, tombol "Bergo Belah Pinggir Payet", tombol "Bergo Belah Tengah Payet", Tombol "Bergo Belah Tengah Polos" siap untuk digunakan.

 apa yang terjadi ketika kita mengklik salah satu tombol tersebut? misalnya.. saya klik tombol "Bergo Belah Pinggir Payet" maka seluruh produk yang termasuk kategori dari "Bergo Belah Pinggir Payet" akan tampil, ini adalah cara termudah dan tercepat untuk memfilter :)

apakah hanya satu tombol yang dapat di klik? oh tentu tidak, anda dapat mengklik beberapa tombol, caranya adalah tekan tombol ctrl dan klik tombol yang anda inginkan, saya beri contoh, saya akan mengklik tombol "Bergo Belah Tengah Payet", tombol "Bergo Belah Tengah Polos", dan "Bergo Tanpa Belah Payet". anda akan melihat hasilnya pada gambar di bawah ini:

 

 Thanks To Microsoft Excel 2010 

 

 

 

Posted by Luki Ishwara | 1 comment(s)
Filed under:

Pivot Table pada Microsoft Excel

Sebuah Pivot Table sangat berguna untuk menyimpulkan, menganalisa, mengeksplorasi dan menyajikan data yang mudah dibaca dan di mengerti.

Apa itu Pivot Table ?

Pivot Table adalah fitur dari Microsoft Excel yang sangat memudahkan dalam merangkum sejumlah besar data. Biasanya Pivot Table digunakan untuk menganalisa data numerik secara rinci, dari sini anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya tidak terduga dari data anda.

Biasanya Pivot Table digunakan untuk:

  • Melakukan Query sejumlah besar data dengan cara yang mudah.
  • Proses Kalkulasi subtotal dan menjumlahkan data numerik, meringkas data dengan sebuah kategori dan subkategori, serta membuat perhitungan dengan formula dan rumusan yang anda buat sendiri.
  • Memperluas dan mempersempit tingkatan tampilan data yang berguna untuk fokus terhadap apa yang ingin anda cari, dan menampilkan secara detil dari ringkasan data (yang menjadi titik fokus perhatian anda)
  • Melihat data dari dimensi yang anda inginkan.

Bagaimana Cara membuat Pivot Table?

Oke, supaya lebih jelas, mari kita coba dengan praktek, File untuk latihan bisa anda download disini

Katakanlah saya memiliki data penjualan sebagai berikut:

Bisa saja data penjualan saya terdiri dari 10000 baris, wow.. ini akan memakan waktu ketika saya harus melakukan rekap penjualan saya, tapi untunglah di Microsoft Excel tersedia tools yang sangat membantu pekerjaan saya ini.
Ok kita lanjut, mari kita lakukan seleksi data yang ingin kita buat pivot table-nya.

Kemudian kita Click Tab Insert, Kemudian Click Button Pivot-table yang terletak pada posisi paling kiri.

Setelah ini, anda akan dihadapkan pada windows baru yang mengkonfirmasi area seleksi data yang akan di buat pivot table-nya.

 

untuk saat ini, anda cukup mengklik tombol OK, kemudian worksheet baru akan muncul. Di dalam worksheet baru ini akan berisi pivot table yang siap kita gunakan.

nah sekarang, coba anda drag field "kategori" ke dalam kotak "row labels" yang ada di bawahnya. anda akan melihat pivot table sudah berisi ringkasan dari kategori produk anda, tidak ada yang dobel kan? :)

 setelah itu coba anda lakukan hal yang sama terhadap field "NAMA BARANG", drag field tersebut ke kotak "Row Labels", dan anda akan mendapati pivot table anda akan berubah, pivot table sekarang berisi Nama Barang yang terkait dengan kategorinya

Ok sekarang kita dapat melihat Pivot Table kita menjadi semakin lengkap, tapi ini belum memberikan informasi apapun, mari kita lengkapi dengan mendrag field "Terjual" ke kotak "Value"

 

Dan lihatlah, Pivot Table semakin memberikan Informasi yang jelas, disin kita dapat melihat total terjual dari Kategori Produk "Bergo Belah Pinggir Payet" adalah 340 pcs, terdiri dari produk B. Adora Albina yang terjual 113 pcs, produk B. Adora Amalia yang terjual sebanyak 34 pcs, dan seterusnya. Sangat mudah bukan?

 tapi uupss.. masih ada yang kurang, saya ingin tahu berapa omset saya dari masing-masing produk dan masing-masing kategori.

okay.. mari kita drag field "Total" ke kotak "Values" yang ada di bawahnya, dan.. sim salabim.. pivot table memberikan informasi yang jelas dan terstruktur mengenai produk dagangan saya.

Ok, Pivot table sudah jadi, dan memberikan informasi yang akurat tanpa perlu bersusah payah melakukannya secara manual :) Amazing bukan? menyelesaikan sebuah laporan dengan waktu kurang dari 5 menit.

Thanks To Microsoft Excel :).

Posted by Luki Ishwara | 1 comment(s)
Filed under: