MEMBUAT COMBO BOX DI MICROSOFT EXCEL 2007

Bagi temen2 yang udah sering membuat program applikasi, pastinya istilah combobox tidak asing lg didengar. Sebenarnya combo box merupakan sebuah list yang tergulung.hehee bukan dadar gulung yah... karena aku seorag pemula, jd rasanya perlu diabadikan di sini…

Misalkan terdapat list dengan nama Rifa ke-1, Rifa ke-2, Rifa ke-3, List dst..., maka pada combo box akan terlihat seperti berikut ini: Smile

clip_image002

Nah gimana cara membuatnya…?

Aku mau berbagi sedikit pengalaman ku saat membuat combo box... wakttu itu aku mau buat daftar hadir praktikum, ak dikasih file yang isinya jadwal praktikum di dalamnya ada combo box.. L

Ko bias bikin kaya gini yah???? Heeheee maklum newbie...

Gini nih cara buatnya:

1. Buka Tabel di ms. Excel 2007 yang akan di combo box.

clip_image004

2. Buat tabel bantuan, untuk mengisi list pada combo box yang akan kita buat. Kemudian arahkan kursor pada kolom yang akan diisi combo box.

clip_image006

3. Pilih menu Data kemudian klik icon Data Validation

clip_image008

4. Kemudian akan muncul dialogbox data validation dengan 3 tab yaitu settings, input message, error alert. seperti berikut:

clip_image010

Pada pilihan source isi dengan $ColAwal$RowAwal:$ColAkhir$RowAkhir

5. Pada tab input message isi dengan, title “terima kasih” dalam input message isi dengan “data valid”

clip_image012

6. Pada tab error alert isi dengan, title “Information” dalam Error message isi dengan “Data yang dimasukan tidak terdapat pada pilihan”

clip_image014

7. Klik OK, Nahhh udah jadi combo box nya…

clip_image016

Rifa adalah seorag pemula, mudah2 bisa terus berkemag disini… Mohon kritik da sarannya yaaa…

Semoga tulisan ini bermanfaat J…


Posted Jan 06 2011, 10:15 PM by Luthfia Rifaah
Filed under:

Comments

Afri wrote re: MEMBUAT COMBO BOX DI MICROSOFT EXCEL 2007
on 01-06-2011 20:49

mantap...(^_^) terus berkarya ya tetap semangat :)

Luthfia Rifaah wrote re: MEMBUAT COMBO BOX DI MICROSOFT EXCEL 2007
on 06-14-2011 10:14

@ka afri, keep fight and Spirit!!