Cara meng-copy dan memindahkan Microsoft Outlook 2007 auto fill list

Pernahkah teman-teman memperhatikan bahwa pada outlook dimana saat kita menuliskan email address, apabila kita sudah pernah mengirim email ke seseorang maka untuk yang berikutnya akan terisi sendiri jika kita mengetikan beberapa huruf awal dari email address tersebut?

Inilah yang dimaksudkan dengan Microsoft Outlook 2007 auto fill list diatas dimana Microsoft Outlook 2007 akan menyimpan semua email address yang pernah diketik oleh users kedalam cache pada saat mengirimkan email.

kenapa mesti Microsoft Outlook 2007, karena memang simulasi ini dilakukan pada Microsoft Outlook 2007, gitu loh... tapi jika tidak salah (CMIIW) Microsoft Outlook versi sebelumnya juga punya feature seperti ini.

Penggantian PC terkadang memang sangat gampang seperti menginstall Operating system ( sudah tentu Microsoft Windows hehehe) lalu menginstall applikasi yang dibutuhkan, tetapi ada juga beberapa users yang merasa terganggu setelah mendapatkan PC yang baru walaupun spec.nya lebih tinggi dari sebelumnya. Biasanya yang dikeluhkan mereka bukan masalah performance dari PC baru tersebut tapi kenyamanan yang telah didapatkan pada PC sebelumnya. salah satunya pada Microsoft Outlook (dalam hal ini Microsoft Outlook 2007) dimana pada PC sebelumnya, saat mengetikan email address yang akan dituju, tinggal ketik beberapa huruf awal maka automatis email address yang lengkapnya akan muncul, tapi hal ini tidak ditemukan pada PC barunya.

Setelah coba mencari dan mencari akhirnya dapat solusi ternyata Microsoft Outlook cache ini tersimpan pada file yang memiliki extention .NK2 (nama file defaultnya Outlook.NK2). Lokasi File ini tersimpan pada folder yang tergantung pada Operating System yang digunakan, pada Windows Vista (yang saya gunakan), terletak di C:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Microsoft\Outlook folder. Karena folder ini hanya bisa diakses oleh Administrator dan defaultnya di hidden, anda harus login dengan administrator pada PC yang lama sebelum mencopy file tersebut dengan cara sbb:

  1. Log in sebagai administrator lalu buka Windows Explorer.
  2. Klik Organized lalu klik Folder and Search Option lalu klik View
  3. Pilih Show hidden files and folders
  4. Clear (deselect) check box Hide Extensions for Known File Types dan Hide Protected Operating System Files (recommended) kemudian klik OK

Folder yang diperlukan setelah melakukan step diatas akan terlihat, spt gambar berikut

Outlook-NK2

Copy file Outlook.NK2 ke removable storage (flash disk, etc).

Pada PC baru,

  • Logon dengan User account yang akan menggunakan PC baru tersebut lalu configure Microsoft Outlook 2007, kemudian log off.
  • Login dengan administrator, replace file Outlook.NK2 yang ada pada folder yang sama seperti PC lama diatas dengan file yang sudah ada pada flash disk (yang dicopy dari PC lama).

sekarang anda akan mendapatkan feature yang sama seperti pada PC yang lama kembali.

semoga bermanfaat dan jangan lupa ngasih comment baik itu berupa masukan atau kritikan yang membangun ya....

 

Salam,Ap

Published Wednesday, December 10, 2008 8:30 PM by Aprizon
Filed under:

Comments

# re: Cara meng-copy dan memindahkan Microsoft Outlook 2007 auto fill list

Thursday, December 11, 2008 11:10 AM by Athailah

M4nt4f, b3rmanf44t s3k4l1. :D

Niru tulisan Siti Uniba he..he..he....

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems