Nyaman berkomputer dengan Windows 7 (Bagian 2)

Pada bagian 1 sudah kita bahas konsekuensi jika kita ingin nyaman menggunakan Windows 7 beserta tingkat kenyamanan yang didapatkan dengan mengatur seting UAC sesuai kebutuhan, dimana seting ini baru dperkenalkan pada Windows 7. Pada bagian 2 ini kita akan membahas beberapa cara untuk menonaktifkan fitur UAC pada Windows 7 agar kita nyaman dalam menggunakan komputer, tentu degan konsekuensi mengurangi keamanan.

Ada beberapa cara untuk mematikan fitur UAC pada Windows 7, diantaranya:

Cara pertama - Mematikan UAC melalui User Account Control Settings

anda bisa melakukan hal ini dengan cara, pergi ke  Control Panel, lalu ketik UAC pada Search Control Panel atau klik System and Secutiry, lalu klik Change User Account Control settings

image

atau bagi yang terbiasa dengan command line, bisa mengetikan perintah berikut pada Run menu atau Search programs and files

image

Untuk mematikan UAC, geser tombol ke posisi Never Notify lalu klik OK, jika anda login sebagai user biasa (limited user) biasanya akan diminta untuk memasukan password administrator lalu pilih Yes untuk confirmasi bahwa anda setuju untuk mematikan UAC.

image

untuk mengaktifkan kembali, geser tombol keatas sesuai kebutuhan atau geser ke yang paling atas jika ingin lebih aman, lalu klik OK.

untuk mematikan UAC, anda akan diminta untuk merestart komputer anda.

 

Cara kedua - Mematikan UAC melalui Group Policy

Cara ini adalah cara yang dilakukan oleh Administrator yang ingin mematikan UAC terhadap beberapa komputer sekaligus.

Cara ini bisa dilakukan melalui Local Group Policy atau melalui Active Directory dengan menggunakan GPO dimana ini sangat cocok untuk komputer yang ada dalam jaringan terutama jaringan yang mempunyai client banyak sehingga memudahkan Administrator untuk mematikan UAC secara bersamaan tanpa mendatangi PC client satu per satu.

jika menggunakan Local Group Policy, buka Group Policy Management Console dengan cara, klik Start, ketik gpedit.msc pada Search programs and files atau Run

image

Pada Group Policy Editor Windows, Browse Computer Configuration lalu Windows Settings lalu Security Settings lalu Security Options.

Lakukan perubahan seperti berikut:

  • User Account Control: Behavior of the elevation prompt for administrators in Admin Approval Mode – double klik (klik dua kali) lalu Set security settingnya menjadi Elevate without prompting.
  • User Account Control: Detect application installations and prompt for elevation – double klik lalu set security settingnya menjadi Disabled.
  • User Account Control: Only elevate UIAccess application that are installed in secure location – double klik lalu set security setting menjadi Disabled.
  • User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode – double klik lalu set security settingnya menjadi Disabled.
  • Setelah perubahan diatas anda lakukan, restart komputer.

Jika anda ingin mengimplementasikannya dalam Domain anda, Buat GPO baru pada domain yang akan anda terapkan, lalu link-kan policy pada domain tersebut atau pada OU yang akan diterapkan jika anda tidak ingin diterapkan pada semua komputer yang ada di domain anda.

 

Cara Ketiga – Mamatikan UAC melalui Registry

Cara lain untuk mematikan UAC bisa dilakukan melalui registry.

Ingat !!!

metode berikut berisi instruksi untuk merubah registry. Jika anda salah dalam mengedit, bisa mengakibatkan komputer anda tidak bisa di booting dan harus diinstall ulang.. Semua akibat dari apa yang anda lakukan menjadi tanggung jawab anda sendiri. Jika tidak yakin, jangan lakukan step ini dan walaupun anda yakin, backup registry anda sebelum melakukan perubahan.

Klik Start, klik Run lalu ketik regedit kemudian Enter.

Jika muncul peringatan UAC, lalu klik Yes untuk melanjutkan proses selanjutnya. lalu pergi ke registry berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

pada bagian detail (sebelah kanan), double klik EnableLUA (type REG_DWORD). lalu klik Modify. pada kotak Value data, ketik 0 (Nol) kemudian klik OK.

Tutup registry editor lalu restart komputer

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar dan saran demi kebaikan bersama.

 

Salam,Ap

Published Thursday, December 24, 2009 4:38 PM by Aprizon

Comments

# Nyaman berkomputer dengan Windows 7 (Bagian 1) - Aprizon's Blog

Pingback from  Nyaman berkomputer dengan Windows 7 (Bagian 1) - Aprizon's Blog

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems