OQ Blogs

Education For All

Apa itu RJ ?

Bagi yang telah mengenal jaringan, sudah tentu tahu apa yang dimaksud dengan RJ. Sebenarnya RJ itu apa? RJ singkatan dari Register Jack adalah standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking).

RJ pertama kali diperkenalkan oleh Bell Sistem pada 1970-an. Adapun standard yang ada diantaranya RJ11, RJ14, RJ21, RJ25, RJ45, RJ48 dll. RJ memiliki banyak type, tetapi yang sering digunakan adalah RJ11 dan RJ45.

RJ-45 merupakan konektor yang standar buat jaringan lokal (LAN). Untuk bisa menggunakan menggunakan jenis ini, kita harus mempelajari susunan urutan warna yang benar sesuai dengan standard T568A dan T568B. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gak boleh asal pasang aja.

Jika gunakan untuk menghubungkan 2 buah komputer dalam jaringan, kita harus menggunakan kabel berjenis Cross Over. Kalo sudah lebih dari 2, kita harus menggunakan kabel berjenis Straight Through.

 
Konektor RJ-11

 
Konektor RJ-45

Sebenarnya sangat banyak jenis RJ yang ada. Jika ingin mempelajari lebih mendalam tentang RJ, silahkan simak dari Situs :

http://www.accesscomms.com.au/reference/RJreference.htm

http://www.arcelect.com/RJ_Jack_Glossary.htm

Source : wikipedia.org

Posted: Mar 16 2009, 10:32 PM by Oki Helfiska | with no comments |
Filed under: