Analisis Regresi Menggunakan Excel

Halo rekan-rekan MUGI yang luar biasa tak pernah lelah berbagi ilmunya. Perkenalkan nama saya Eryk Budi Pratama, biasa dipanggil Eryk. Ini pertama kalinya saya menulis di blog MUGI. Baiklah langsung menuju pembahasan.Big Smile

Mungkin bagi rekan-rekan yang pernah belajar tentang statistik inferensial, tidak asing lagi dengan istilah regresi. Dalam ilmu statistik, regresi merupakan salah satu metode yang populer digunakan mulai dari ilmu sosial sampai ilmu yang membutuhkan perhitungan statistik. Dengan menggunakan regresi, kita dapat mencari hubungan antara dua atau variabel yang berkaitan dan saling mempengaruhi. Sebenarnya cukup banyak software statistik yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan statistik khususnya regresi, misalnya SPSS, Minitab, Eviews, WIDAMSR, dan lain-lan. Kebetulan saya menulis artikel ini setelah mengerjakan tugas makalah statistik menggunakan teknik regresi, jadi untuk itulah saya memilih topik regresi. Smile  

Nah excel juga memiliki fitur untuk melakukan perhitungan statistik khususnya regresi.  Mungkin belum banyak yang tahu. Oleh karena itu saya akan mencoba memberikan petunjuk bagaimana menggunakannya. Baiklah kita mulai.

  1. Misalnya kita ingin mencari persamaan regresi untuk melihat pengaruh promosi dan harga terhadap tingkat penjualan. Diasumsikan kita punya 10 set data (kecamatan). Tingkat penjualan kita hitung dalam jumlah unit barang, promosi dalam jumlah konsumen, dan harga dalam ribu rupiah per unit barang. Berikut adalah data yang disajikan :

2. Klik menu Data kemudian klik Data Analysis. (Catatan: jika setelah mengklik Tool, ternyata tidak muncul pilihan Data Analysis, berarti menu tersebut belum diaktifkan di program Excel Anda. Untuk mengaktifkannya, klik icon di pojok kanan atas yang mirip dengan tombol start menu Windows, lalu klik Excel Options kemudian klik Add ins, selanjutnya conteng pada pilihan Analysis Toolpak, setelah itu klik OK.

 

3. Setelah Anaysis ToolPak diinstall, maka klik menu Data kemudian klik Data Analysis. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

4. Pilih Regression, lalu klik tombol OK. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Pada Input Y Range, masukkan range cell yang dipilih sebagai variabel terikat (dalam hal ini Tingkat Penjualan). Pada Input X Range, masukkan renge cell yang menjadi variabel bebas, yaitu promosi dan harga ($C$1:$D$11). Lalu centang semua menu yang ada di Residuals dan Normal Probability. Klik tombol OK. Hasilnya akan seperti berikut.

Itulah sedikit penjelasan bagaimana mencari regresi menggunakan Analysis ToolPak yang disediakan oleh Microsoft Excel. Untuk analisis hasil tampilan lebih lanjut tidak akan dibahas dalam artikel kali ini karena mungkin terlalu teknis. Saya berharap artikel yang sederhana ini dapat membantu rekan-rekan yang mungkin kebetulan sedang mengambil mata kuliah statistik maupun bagi yang telah bekerja dan membutuhkan referensi tentang teknik analisis statistik sederhana. Mohon maaf apabila ada kekurangan.

Semoga bermanfaat. Keep sharing our knowledge Yes

 

Penulis : Eryk Budi Pratama


Posted Jan 23 2012, 02:37 PM by Eryk Budi Pratama

Comments

Analisis Regresi Menggunakan Excel - Eryk Budi Pratama - Microsoft User Group Indonesia wrote Analisis Regresi Menggunakan Excel - Eryk Budi Pratama - Microsoft User Group Indonesia
on 01-23-2012 15:14

Pingback from  Analisis Regresi Menggunakan Excel - Eryk Budi Pratama - Microsoft User Group Indonesia

Eryk's Blog wrote Analisis Regresi Menggunakan Excel
on 01-23-2012 16:00

Halo rekan-rekan yang luar biasa tak pernah lelah berbagi ilmunya. Perkenalkan nama saya Eryk Budi Pratama

Raddini Gusti Rahayu wrote re: Analisis Regresi Menggunakan Excel
on 01-23-2012 16:57

mangstaaaab :D

Eryk Budi Pratama wrote re: Analisis Regresi Menggunakan Excel
on 01-23-2012 18:33

Terima kasih ^^

Aris wrote re: Analisis Regresi Menggunakan Excel
on 01-23-2012 22:16

waw... keren ini tulisannya... !!

Tutang wrote re: Analisis Regresi Menggunakan Excel
on 01-24-2012 15:26

Bagus. Sip. Kurang sedikit, untuk menambah komponen AnalytisToolpak, klik Go, lalu beri tanda pada pilihan yang berhubungan dengan fitur tersebut. OK Bagus ini caloh ahli Excel kayaknya.