Raddini Gusti Rahayu

Mengenal Table Pada Excel 2010

Para pengguna Excel banyak yang menyamakan antara Table dengan Range, padahal itu jelas berbeda. Hal ini dikarenakan para pengguna tidak tahu persis apa bedanya table dengan range itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Table pada Excel 2010 yang nantinya Anda sendiri dapat menentukan akan menggunakan Range atau Table dalam mengelola data.

Oks, mari kita langsung bahas Smile

Table adalah salah satu fitur Excel yang mana dapat digunakan untuk mengatur dan menganalisa data dari tabel, terpisah dari data di luar tabel tersebut.

Sebelum kita membahas Table lebih jauh lagi, mari kita bahas terlebih dahulu caranya membuat Table tersebut. Ada 3 cara yang dapat dilakukan :


  1. Pada Tab Insert Category Tables pilih Table, atau dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+T pada keyboard sehinga muncul kotak dialog Create Table, setelah itu Anda dapat menyorot area mana yang akan dijadikan table. Pada cara ini, table style yang digunakan adalah style default pada Excel.

    insert tablekotak dialog insert table
  2. Pada Tab Home Category Styles pilih Format as Table lalu pilih style mana yang akan Anda gunakan setelah itu tahapannya sama seperti cara pertama.

    format as table
  3. Pada cara yang ketiga ini, kita coba mengubah Range menjadi Table. Dengan cara menempatkan penunjuk cell di area range yang akan diubah lalu lakukan cara yang sama dengan cara kedua,sehingga muncul kotak dialog Format As Table. Ceklislah pada check box My table has readers jika range Anda sudah ada Field Name (judul kolom) nya.

    Format As Tables

Pada tahap-tahap di atas, Anda sudah membuat Table sederhana. Ketika Anda menempatkan penunjuk cell pada area Table, maka muncul tab Table Tools Design yang berisi perintah – perintah untuk memformat Table.

Tab Table tools design

contoh Table

Selanjutnya Saya akan membahas ada fasilitas apa saja pada Table yang telah kita buat tadi.

  1. Sort, Filter dan Search
    Pada setiap nama field atau judul kolom secara otomatis telah diaktifkan fasilitas Filter, jadi Anda tidak perlu repot-repot mengaktifkannya secara manual. Pada fasilitas filter ini ada beberapa fasilitas seperti Sort A to Z, Sort Z to A, Sort By Color, Text Filters, Filter by Color dan Filter by Seacrh, seperti yang tampak pada gambar berikut :

    Fasilitas Filter
  2. Freeze
    Ketika Anda scrolling ke bawah pada Table maka judul kolom tidak ikut tergeser, melainkan tetap berada di atas dan menempati atau menggantikan posisi nama keterangan kolom seperti gambar berikut :

    freeze table
  3. Kalkulasi Kolom Otomatis
    Table disertai fasilitas kalkulasi kolom otomatis yang dapat diaktifkan dengan menceklis checkbox Total Row pada tab Table Tools Design Category Table Style Options. Setelah itu pada baris terkahir Table ditambahkan baris Total yang berisi jumlah dari data pada masing- masing kolom. Jika kolom belum terkalkulasi, Anda cukup klik tanda panah pada cell total kolom tersebut dan pilih formula mana yang akan Anda gunakan.

    kalkulasi kolom
  4. Penamaan Field Otomatis
    Untuk membuktikannya kita coba membuat kolom baru dengan nama “Harga” pada cell D2 lalu tekan tombol Enter. Pada cell D3 ketikkan =[
    maka akan muncul drop downlist name dari kolom-kolom yang ada pada table, teruskan dengan memilih TOTAL dan ketik / lalu pilih lagi TERJUAL hingga formulanya menjadi seperti : =[TOTAL]/[TERJUAL]. Ketika Anda menekan tombol Enter maka kolom Harga akan terisi secara otomatis.
    Dalam pengetikan formula tadi penamaan kolom telah dilakukan secara otomatis, hingga Anda tak perlu menyorot range yang akan Anda gunakan dalam formula.

    formula dengan nama kolom
  5. Penambahan Area Table yang Mudah
    Jika suatu waktu Anda ingin menambahkan kolom atau baris pada table, Anda dapat dengan mudah melakukannya. Cukup arahkan kursor pada sudut kanan bawah table berupa siku berwarna biru lalu tarik sampai dengan area yang Anda inginkan. Cara lain jika ingin menambahkan kolom cukup ketikkan judul kolomnya lalu tekan tombol Enter.

    penambahan area TableHasil penambahan Baris
  6. Mengubah kembali menjadi Range
    Jika Anda ini mengembalikan Table menjadi Range, cukup klik Convert to Range pada tab Table Tools Design Category Tools. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi apakah table akan diubah menjadi Range.

    convert to changeconvert table

  7. Dapat di publish ke Sharepoint Server
    Selain itu, Table Excel pun dapat di publish ke Sharepoint server dengan klik Export table to Sharepoint List pada tab Table Tools Design Category External Table Data > Export.

    publish to share point 

Cukup sekian pengenalan Table pada Excel 2010, kini Anda dapat menentukan akan menggunakan Range atau Table untul pengeloahan data Anda. Mudah-mudahan bermanfaat Winking smile

Comments

Heri Sembiring said:

Ok Bangets tulisannya...

:)

Keep Blogging dini..

Salam sukses.

# July 21, 2011 12:45 PM

Raddini Gusti Rahayu said:

Ditunggu postingan mu selanjutnya juga ri :)

# July 21, 2011 1:20 PM

Luthfia Rifaah said:

nice post... :)

# July 21, 2011 1:59 PM

Heri Sembiring said:

Ok dinni

# July 22, 2011 12:23 AM

Bambang F. Indarto said:

ajib!

# July 22, 2011 8:46 AM

Melongok Fungsi Table di Microsoft Excel 2010 « ilmukomputertips said:

Pingback from  Melongok Fungsi Table di Microsoft Excel 2010 « ilmukomputertips

# March 22, 2012 5:41 PM