Bekerja dalam Teamwork di Dunia Maya (Bagian 1)

Sebuah tim project yang melibatkan beberapa orang yang berasal dari perusahaan yang berbeda ingin melakukan kolaborasi tanpa ‘memikirkan’ perbedaan otentikasi login di kantor masing-masing; Sekelompok mahasiswa ingin mengerjakan sebuah proyek akhir tanpa harus selalu berkumpul secara fisik; Dua contoh ini adalah kondisi yang sangat mungkin terjawab dengan memanfaatkan kemampuan kolaborasi virtual dari Microsoft Office Groove 2007.

Bagi sebuah tim, berkolaborasi dalam menyelesaikan pekerjaan adalah sebuah hal yang bersifat wajib. Hal inilah yang membedakan dengan bekerja secara individu. Segala sesuatu yang mesti diselesaikan harus dikoordinasikan, dilihat, diperiksa, didiskusikan dan disetujui bersama.

Bentuk kolaborasi paling sederhana adalah bekerja bersama secara fisik dalam sebuah ruangan. Mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut di dalam sebuah rapat. Evolusi berikutnya adalah berkolaborasi secara virtual menggunakan berbagai perangkat lunak pendukung di dalam sebuah jaringan komputer. Hal ini dimungkinkan tidak saja karena adanya perangkat lunak utama untuk berkolaborasi, tapi juga infrastruktur pendukung seperti sistem otentikasi di dalam jaringan (misal menggunakan Active Directory). Namun, masalah timbul jika ternyata pengguna tidak memiliki infrastruktur pendukung, atau untuk penggunaan pribadi dengan teman-teman di luar kantor. Microsoft Office Groove 2007 menawarkan konsep kolaborasi secara peer to peer antar pengguna, tanpa keharusan adanya server khusus yang menangani kolaborasi tersebut.

Konfigurasi

Microsoft Office Groove 2007 bisa di-download dari situs Microsoft (http://www.microsoft.com/groove), atau menggunakan paket installer Microsoft Office 2007 versi Enterprise atau Ultimate Edition.

Setelah Microsoft Office Groove 2007 ter-install, langkah berikutnya adalah meng-konfigurasi account. Wizard untuk melakukan konfigurasi akan otomatis muncul ketika kita pertama kali menjalankan aplikasi Groove.

create-account

Pertanyaan berikutnya adalah apakah Anda akan menggunakan Office Groove 2007 secara peer-to-peer (tanpa keberadaan server, jadi tanpa adanya configuration code) atau akan mengandalkan server (membutuhkan configuration code yang didistribusikan oleh administrator jaringan).

configuration-code

Selanjutnya proses akan meminta identitas nama, alamat email dan password. Ini dipakai untuk login ke workspace dan juga sebagai identitas diri ketika mengundang orang lain bergabung ke dalam workspace yang kita buat.

configuration-identity

Pada halaman wizard berikutnya, kita diminta untuk memilih apakah identitas tersebut akan dipublikasikan seluruhnya, atau hanya nama saja, atau tidak sama sekali. Publikasi identitas di dalam direktori Groove akan memudahkan orang lain menemukan anda.

listing-directory

Tulisan bersambung ke bagian 2 (Bekerja dengan Groove).

Filed under:

Comments

# Rahmat Zikri said:

Workspace yang ada tidak hanya dipakai untuk menyimpan berbagai dokumen yang akan berbagi pakai dengan

Thursday, October 9, 2008 1:30 PM
# Rahmat Zikri said:

Setelah proses konfigurasi identitas selesai, anda bisa segera memanfaatkan Microsoft Office Groove 2007

Thursday, October 9, 2008 1:30 PM