Membuat Video Tutorial itu Mudah!

Ingin merekam aktivitas di komputer? Ingin membuat video tutorial tips & trik penggunaan aplikasi tertentu? Ingin menunjukkan (visualisasi) cara melakukan setting produk-produk tertentu di komputer?

Pada saat ini terdapat banyak sekali program sejenis, yang dapat dipakai untuk merekam berbagai langkah yang Anda lakukan di sebuah komputer. Hasil utama dari program-program seperti itu biasanya adalah sebuah file multimedia, berupa rekaman gambar dan suara. Program-program semacam ini biasanya dipakai untuk membuat dokumentasi, bahkan seringkali digunakan untuk membuat tutorial tentang penggunaan sebuah aplikasi.

Di tengah belantara banyaknya produk-produk sejenis, yang berbayar atau pun gratis, kini kita bisa mencoba sebuah produk baru dari Microsoft Office Labs, yang bernama Community Clips. Produk gratis ini menawarkan berbagai kemampuan yang sanggup memenuhi berbagai kebutuhan Anda dalam membuat dokumentasi multimedia pada sebuah komputer.

Instalasi Community Clips

Sebelum dapat melakukan instalasi Community Clips, ada beberapa prasyarat perangkat lunak yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Sistem operasi Windows XP atau Windows Vista
  • Adobe Flash Player 8.0 atau yang lebih baru
  • Internet Explorer 6.0 atau Firefox 2.0, atau yang lebih baru.

Setelah prasyarat di atas terpenuhi, lakukan instalasi Community Clips dengan menjalankan installer yang dapat di-download pada link ini.

Setelah instalasi selesai dilakukan, Anda dapat mengakses Community Clips dengan 2 (dua) cara. Yang pertama melalui system tray di pojok kanan bawah;

02-System Tray

atau melalui Office Ribbon (jika Anda menggunakan Microsoft Office 2007).

03-Office Ribbon

Membuat Video Tutorial

Dengan asumsi Anda akan menggunakan system tray, langkah pertama yang dilakukan adalah meng-klik ikon Community Clips pada system tray di pojok kanan bawah desktop.

04-Start Recording

Pada di atas, Anda dapat memilih salah satu dari 3 (tiga) pilihan: 1. Mulai merekam (Start Recording), 2. Mulai merekam aplikasi (Start Recording Application), 3. Mulai merekam wilayah (Start Recording Region).

Pada pilihan yang pertama, Anda akan merekam seluruh wilayah desktop pada komputer. Sedangkan pada pilihan yang kedua, Anda hanya akan merekam aplikasi spesifik yang dipilih (dari beberapa aplikasi yang mungkin sedang dijalankan di komputer Anda). Pada pilihan ke-dua ini Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang hendak direkam. Sedangkan pada pilihan terakhir, Anda dapat merekam area tertentu dari bidang desktop di komputer. Di sini Anda diminta untuk menentukan kotak wilayah yang ingin direkam. Apa pun yang dipilih, selanjutnya akan muncul sebuah box berisi konfirmasi perekaman akan segera dimulai.

05-Start Recording Now

Proses selanjutnya adalah Anda melakukan apa pun yang hendak direkam. Jika diinginkan, Anda juga dapat melengkapi video tutorial ini dengan suara (tentu jika komputer Anda dilengkapi dengan microphone). Penambahan suara tentu akan membuat video tutorial menjadi lebih hidup dan bermanfaat. Setelah semua yang ingin direkam selesai dijalankan, akhiri proses perekaman dengan mengklik kembali Community Clips pada system tray atau Office Ribbon, lalu pilih menu Stop Recording (atau menggunakan shortcut Windows+ALT+T).

06-Stop Recording

Pada gambar di atas, ketika Anda meng-klik ikon Community Clips pada system tray, secara otomatis proses perekaman akan terhenti sementara (paused). Jadi jika Anda tidak benar-benar bermaksud menghentikan proses sementara, Anda bisa memilih Continue Recording untuk melanjutkan.

Setelah proses perekaman diakhiri, Community Clips akan segera menampilkan video hasil rekaman yang dilakukan pada Windows Media Player.

07-Screencast1

 

Mendistribusikan Video

Video dokumentasi atau tutorial yang Anda buat dapat segera dimanfaatkan setelah proses perekaman diakhiri. Pada gambar di atas, Anda dapat menyimpan hasil rekaman dalam bentuk file ber-ekstensi .wmv, dengan cara meng-klik tombol Save. Setelah file disimpan, Anda dapat mendistribusikan lewat email (klik tombol Email) atau meng-upload ke situs Community Clips (klik tombol Upload). Untuk dapat meng-upload video ke situs Community Clips, Anda harus sudah memiliki Windows Live ID. Jika belum memilikinya, Anda dapat mengawali dengan mendaftar terlebih dahulu.

Filed under: , ,