Instalasi OCSResKit pada Lync Server 2010

OCSResKit alias OCS 2007 Resource Kit adalah utilitas yang tersedia untuk Office Communications Server 2007, yang berisi sejumlah alat bantu dan dokumen sebagai pelengkap implementasi. OCSResKit akan sangat membantu dalam proses troubleshooting; salah satu di antaranya adalah snooper.exe.

Sayangnya, pada Lync Server 2010 tidak tersedia Resource Kit sebagaimana pada OCS 2007. Sedangkan utilitas semacam snooper.exe kadang diperlukan ketika kita hendak mengevaluasi error dalam implementasi Lync Server 2010. Sebagai contoh, pada saat ini saya hendak menelusuri masalah integrasi Instant Messaging (IM) pada Microsoft Exchange Server 2010 – Lync Server 2010. Di mana seharusnya status IM (Available/Busy/Away, dsb) dari rekan yang ada di daftar teman pada IM kita bisa terlihat juga ketika kita mengakses Outlook Web App (OWA); atau terlihat juga ketika kita membuka email yang berasal dari salah seorang teman tersebut.

Ketika kita mencoba meng-install OCSResKit pada server yang menggunakan Windows Server 2008 R2 + Lync Server 2010, akan muncul pesan kesalahan seperti berikut:

OCSResKit

Sesuai pesan yang tampil, OCSResKit membutuhkan Visual C++ 2008 Redistributable terpasang terlebih dahulu. Namun, walau pun kita sudah memenuhi prasyarat tersebut (bahkan dengan meng-install VC++ 2008 yang 32bit dan 64bit sekaligus; dan me-restart server), tetap saja pesan serupa akan selalu muncul.

Untuk mengakali hal ini, lakukan proses ekstrak terhadap installer OCSResKit.msi yang telah diunduh (download), dengan cara menjalankan perintah berikut di Command Prompt:

msiexec /a OCSResKit.msi /qb TARGETDIR=C:\OCSResKit

Dalam contoh di atas, kita menjalankan perintah di lokasi folder di mana file OCSResKit.msi berada dan menaruh hasil ekstraksi-nya di folder C:\OCSResKit.

Setelah proses ekstraksi selesai, masuk ke folder hasil (C:\OCSResKit), lalu cari program yang diinginkan (dalam contoh kasus ini adalah snooper.exe). Copy berkas tersebut ke lokasi “C:\Program Files\Common Files\Microsoft Lync Server 2010\Tracing”. Sekarang Anda dapat melakukan proses penelusuran terhadap error yang di-generate oleh Lync Server 2010.

Filed under: , ,