Menyederhanakan Alamat OWA (Bagian 1)

Salah satu cara pengguna untuk mengakses mailbox pada implementasi Microsoft Exchange adalah melalui webmail, yang juga dikenal dengan nama Outlook Web Access (mulai dari Exchange Server 2010 disebut sebagai Outlook Web App).

Format standar yang digunakan untuk mengakses webmail ini melalui browser adalah dengan mengetikkan alamat https://nama.server.email/owa, misalnya: https://mail.kantorku.co.id/owa. Namun seringkali pengguna lupa atau malas menuliskan folder /owa di belakang nama server tersebut, sehingga yang didapat bukan-lah halaman login melainkan hanya gambar ucapan selamat datang dalam berbagai bahasa.

Trik sederhana yang pertama untuk menyederhanakan alamat webmail tersebut adalah dengan membuat sebuah file index.htm dan diletakkan di lokasi Wwwroot dari instalasi IIS (Internet Information Services), yang biasanya terletak di C:\Inetpub\Wwwroot.

Buat-lah sebuah file menggunakan Notepad, yang isinya adalah perintah HTML untuk melakukan proses re-direction otomatis ke folder /owa, yang dilakukan tanpa perlu ada jeda waktu (dalam 0 detik). Kemudian simpan file tersebut dengan nama di C:\Inetpub\Wwwroot\index.htm.

Isi file tersebut adalah:

<html><head>

<meta http-equiv=”Refresh” content=”0; url=/owa”>

</head></html>

Dengan file sederhana tersebut, jika ada pengguna yang sengaja atau tidak sengaja membuka alamat https://mail.kantorku.co.id tanpa menulis /owa, tanpa menunggu waktu lama (dalam waktu 0 detik) IIS akan langsung mengarahkan pengguna tersebut ke alamat /owa. Dengan demikian pengguna akan menemukan halaman login ke webmail, tanpa harus repot-repot menulis alamat situs dengan lengkap.

Filed under: ,