Aturan Penamaan Azure Storage yang Membingungkan

Azure Storage adalah salah satu service dari ms azure yang paling sering gw pakai.  Azure storage terdiri atas beberapa macam service: blob, table, queue, file share, dan  disk.

Satu hal yang lumayan mengesalkan dari azure storage ini adalah soal aturan penamaan.

Storage Account

Untuk menggunakan layanan dari azure storage kita harus membuat storage account terlebih dahulu. Nama storage account harus terdiri atas 3-24 karakter alphanumeric dan harus huruf kecil semua.

Bikin storage account biasanya jarang ada masalah karena langsung lewat portal. Kalau di portal pesan validasinya jelas dan langsung keliatan.

Yang sering jadi masalah adalah servie2 didalamnya karena biasanya kita bikin via code. Saat validasi gagal, si azure akan mengembalikan pesan 400 bad request error tanpa menjelaskan dimana errornya (bisa pas bikin udah salah bisa juga pas insert data baru salah) ~ oke, mungkin ngasih pesan validasi tapi gw gak baca.

Blob

Blob itu simplenya file. Berbeda dengan  nama storage account yang harus huruf kecil semua, nama blob boleh huruf besar dan kecil dan case-sensitive. Panjangnya antara 1-1024 karakter.  Karena alamat si file bentuknya url  maka karakter yang boleh digunakan sama dengan karakter yang boleh digunakan di alamat url.

Container

Container itu kayak folder lah sederhananya, isinya ya si blob-blob itu. Kita bikin container dulu baru nanti naro blob didalamnya.

Aturan penamaan container beda lagi. Nama cotainer harus dimulai dengan angka atau huruf, tapi boleh ada strip (-). Panjang nama container antara 3-63 karakter dan harus huruf kecil semua.

Queues

Digunakan untuk.. well.. queues. Rada panjang ngejelasinnya kalau gak pernah pakai queue. Aturan penamaan queue sama dengan container.

Azure Table

Azure table adalah nosql service dari azure, tapi jauh lebih sederhana dari azure cosmos atau documentdb. Gw suka pakai azure table karena super murah.

Anyway, aturan penamaan azure table yang gw paling gak suka. Nama table boleh huruf besar huruf kecil, tapi case insensitive, panjang dibatasi 3-63 karakter, terus hanya boleh terdiri atas karakter dan angka.

Yang bikin frustasi adalah kita gak ada karakter yang cocok untuk digunakan sebagai separator kayak underscore atau dash. Jadi kita terpaksa pakai CamelCase atau Pisahin99Pakai99Angka.

Aturan lain dari azure table adalah, aturan nama property sama dengan aturan nama identifier C#.

~

Yah, pasti ada alasan sih kenapa aturannya macem-macem gini, tapi tetep aja bikin bingung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *